Evaluasi Kesiapan Organisasi Melalui Konsep Malcolm Baldrige Untuk Nilai Tambah Pelanggan

  • Suryadi . Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Malang, Malang
  • Utami Handayawati Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Malang, Malang
Keywords: Organisasi, Standar Mutu, Baldrige Criteria, Hasil-hasil bisnis

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan mengenai dimensi organisasi yang dibangun untuk kinerja unggul.Jenis penelitian analisis diskriptif menggunakan pengukuran konsep MalcolmBaldrige/MalcolmBaldrigeCriteriaforPerformanceExcellence(MBCfPE).. Penelitian di Perguruan TinggiVokasi(PTV) Jawa-Timur dengan Dua Objek Politeknik Negeri. 7 Kategori digunakan :Kepemimpian;Perencanaan;FokusPasar&Pelanggan;PengukuranAnalisisdanManajemenPengetahuan;FokusSDM;KinerjaProses;dan Hasil-hasilBisnis. Metode Analisis data menggunakan analisis statistikdeskriptif dan teknik analisis data dengan distribusi frekuensi. Hasil penelitan menunjukkan nilai 731 (point)berada level Excellence/kesiapan organisasi sangat baik. Kriteria Perencanaan 76%, FokusPasar&Pelanggan71%; kesan sangat baik; kriteria Kepemimpinan,Pengukuran AnalisisdanManajemen Pengetahuan;FokusSDM dan Konsep Proses dengan hasil antara 60%-68% kesan unik belum baik. Pada Kriteria Hasil-hasilbisnis bernilai 80% berarti keunikan pada tingkat mendekati unggul. Hasil organisasi unggul dapat dicapaijika Kepemimpinan organisasi memiliki Tangungjawab, GoodGovermence, penyebaran Visidannilai-nilaiorganisasi kepada pelanggan/stakeholder serta memiliki komitmen mengembangan hasil-hasil kinerjakepemimpinan yang terkait perilaku etika bisnis, menciptakan organisasi berkelanjutan, inovatif dan ikutberpartisipasi aktif dalam pengkaderan masa mendatang. Komunikasi sebaiknya dua arah dan melaksankanreward dan recogniton program untuk tindakan peningkatan kinerja. Konsep ini sangat baik untuk mengukurPendidikanTinggi menuju kinerja unggul standar dunia melalui National Quality Award/Selt Assesment, diIndonesia dengan Nama IQA(IndonesianQualityAward) sudah dilakukan dalam pemberian penghargaan.Penerapan Baldrige Criteria di Perguruan Tinggi dapat membangun komunikasi yang lebih kuat antara parastakeholder internal khususnya untuk memenuhi tujuan dan persyaratan standar akreditasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-28