Justifikasi Teoritik Dan Kaji Eksperimental Turbin Air Gorlov Dengan Airfoil AP 08-10-W7520

  • C. Bintoro Pengajar Program Studi Teknik Aeronautika Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bandung
  • Ryan Agustian Alumni Program Studi Teknik Aeronautika Tahun 2010 Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bandung
  • Irfan Hilmi Alumni Program Studi Teknik Aeronautika Tahun 2010 Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Vertical Axis Water Turbine, wave around 0.25 its chord

Abstract

Paper ini membahas proses pengembangan turbin air sumbu vertikal (TASV) dengan menggunakan airfoil AP 08-10-W7520. Airfoil tersebut adalah hasil pengembangan dari airfoil NACA0020 yang disesuaikan untuk kodisi kecepatan aliran fluida yang rendah. Pokok perubahan selain airfoil memiliki camber, juga ditambahkan profil gelombang disekitar 0,25 chordnya. Modifikasi tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan efisiensi yang tinggi pada sudut serang yang besar. Kajian pertama kali dilakukan pada perangkat lunak CFD Numeca dan dengan melakukan pemrograman sederhana pada perangkat lunak Matlab. Hasil optimal, kemudian digunakan dalam proses manufaktur dengan menggunakan teknologi material komposit. Proses manufaktur sendiri mengadopsi proses pembuatan model dengan memanfaatkan mesin CNC, sehingga dimensi model menjadi lebih presisi. Berdasarkan pada hasil kaji eksperimental pada aliran sungai dekat Polban, dapat diketahui bahwa model uji TASV dengan airfoil AP 08-10-W-7520 dapat memberikan peningkatan kecepatan sudut sebesar 14,37% dan peningkatan nilai torsi sebesar 80% Hal baru yang dipelajari adalah penambahan gelombang pada titik tangkap gaya aerodinamika telah mengubah pola aliran fluida disekitar airfoil dan meningkatkan daya yang dihasilkan. Kata kunci:. Turbin Air Sumbu Vertikal, Gelombang disekitar 0,25 chord  Abstract This paper discusses the development process of vertical axis water turbine (TASV) using AP-W7520 08-10 airfoil. The airfoil is the development result of NACA0020 airfoil which tailored for low-speed fluid flow. Main changes other than the airfoil has camber, also added around 0.25 its chord, a wave profile. These modifications are intended to obtain high efficiency at a large angle of attack. The study was first performed on Numeca CFD software and by performing a simple programming in Matlab software. Optimal results, then used in the manufacturing process by using composite materials technology. Manufacturing process itself adopt the modeling process by using CNC machines, so the dimension of the model becomes more precise. Based on the experimental results of study on the flow of the river near Polban, it is known that the test model with airfoil TASV AP 08-10-W-7520 to provide increased angular velocity of 14.37% and increase torque values by 80% learned new thing is the addition of wave at the point of catching aerodynamic forces have changed the pattern of fluid flow around the airfoil and increase the power generated.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2010-10-27