“Pengaruh Putaran Centrifugal Casting Velg dari bahan Aluminium Scrap terhadap Karakteristik Perambatan Retak Fatik”

  • Erich Umbu Kondi Maliwemu Program Studi S2 Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
  • Priyo Tri Iswanto Jurusan Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Keywords: velg, centrifugal casting, aluminium scrap, remelting, fatik.

Abstract

Velg merupakan komponen kendaraan yang pada saat digunakan akan mengalami beban berulang (beban dinamis), bahkan mengalami beban kejut, dimana jika fluktuasi tegangan ini cukup besar dan berulang-ulang, maka akan mengakibatkan kegagalan struktur. Oleh karena itu, maka produk hasil coran tersebut harus mendapat jaminan terhadap kerusakan akibat retak lelah/fatik, sehingga aman dalam penggunaan dan bahkan mempunyai umur penggunaan lebih lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh putaran centrifugal casting terhadap karakteristik perambatan retak fatik. Material yang digunakan adalah aluminium scrap yang merupakan hasil pengecoran ulang (remelting) pada putaran mesin centrifugal casting 400, 500, 600 dan 700 rpm. Benda uji yang digunakan adalah CTS (Compact Test Speciment) berdasarkan ASTM E647. Penggunaan beban fatik dilakukan pada kondisi beban amplitudo konstan dengan stress ratio R=0,1. Dari hasil pengujian diperoleh data panjang retak dan jumlah siklus pembebanan, kemudian dilakukan perhitungan untuk mendapatkan laju perambatan retak (da/dN) terhadap perubahan faktor intensitas tegangan (ΔK), dimana proses pengolahan data-data tersebut menggunakan metode incremental polynomial berdasarkan ASTM E647. Hasil penelitian menunjukkan bahwa putaran 700 rpm merupakan putaran centrifugal casting dengan laju perambatan retak fatik terendah, yaitu pada harga konstanta paris C=2x10-15dan n=7,221.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2011-11-17