Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran Barang dan Jasa Kawasan Perbatasan Pulau Sebatik Indonesia - Tawau, Malaysia

  • Besse Asniwaty Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Samarinda
  • Muh. Nawawi Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Samarinda
  • Suminto Suminto Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Samarinda
  • Armini Ningsih Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Samarinda
Keywords: Permintaan dan Penawaran, Barang dan Jasa, Aksesibilitas Kawasan Perbatasan, Pulau Sebatik Indonesia dan Tawau Malaysia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor–faktor pendorong permintaan dan penawaran barang/jasa dikawasan perbatasanPulau Sebatik, Indonesia ‐ Tawau, Malaysia. Adapun sasaran penelitian ini mencakup: analisis interaksi perdagangan barangdan jasa yang berlangsung di kawasan perbatasan tersebut, identifikasi jenis permintaan dan penawaran barang/jasa, analisisfaktor–faktor pendorong permintaan dan penawaran barang/jasa khususnya di Pulau Sebatik dan implikasi yang timbul.Selanjutnya di analisis melalui pendekatan deskriptif eksplanatif, dibantu kajian teori untuk pemaknaan data/informasi. Hasilanalisis yang menunjukkan bahwa interaksi perdagangan terjadi karena adaya kebutuhan yang menciptakan penawaran danpemintaan barang/jasa baik secara legal maupun illegal hal ini didorong oleh potensi pasar dan konsumen, potensi perdaganganyang besar, serta prospek yang menjanjikan. Identifikasi penawaran barang dan jasa dari Pulau Sebatik berupa barang yaituhasil agro industri (hasil pertanian, perkebunan dan kehutanan) dan perikanan, sedangkan berupa jasa meliputi tenaga kerjabangunan, pekerja perkebunan, pembantu rumah tangga dan penjaga toko, permintaan barang dan jasa dari Tawau Ke Sebatikmeliputi seluruh barang jadi dan setengah jadi serta pelayanan kesehatan yang menjadi kebutuhan hidup masyarakat PulauSebatik. Adapun faktor pendorong permintaan dan penawaran kedua wilayah perbatasan meliputi lokasi, sarana dan persaranadasar, pelayanaan, penilaian pelaku ekonomi, stabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-11-20