IMPLEMENTASI ATN TUNNELING PADA TESTBED VHF DATALINK (VDL) BERBASIS SOFTWARE-DEFINED RADIO

  • Dedy Irawan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
  • A. A. N. Ananda Kusuma Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
  • Cecep Sujana Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
Keywords: CNS/ATM, VDL-Mode 2, ATN, Tunneling, TUN/TAP driver

Abstract

CNS/ATM (Communications Navigation Surveillance / Air Traffic Management) adalah program pengaturan lalu lintas udara yang sedang dikaji di PTIK (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi), yang mana merupakan salah satu program prioritas BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). Pada aspek komunikasi telah tersedia standard VDL (VHF Data Link) pada layer 2 dan ATN (Aeronautical Telecommunication Network) pada layer 3 yang mengacu pada OSI model. Dengan standard ini pertukaran informasi dari ATC (Air Traffic Controller) ke pesawat yang semula menggunakan komunikasi suara diubah menjadi komunikasi data.

Salah satu penelitian yang sedang dilakukan adalah pembuatan suatu program jaringan menggunakan konsep tunneling untuk melewatkan datagram ATN pada testbed VDL yang dikembangkan menggunakan teknologi software-defined radio. Untuk keperluan tersebut dibutuhkan suatu virtual network device yang dibentuk oleh tun/tap driver. Telah banyak yang mengimplementasikan konsep tunneling dengan tun/tap driver, tetapi selama ini masih terbatas pada protokol TCP/IP. Makalah ini membahas pengembangan sebuah prototipe program jaringan yang mengimplementasikan ATN tunneling pada jalur komunikasi VDL-Mode 2 yang menggunakan perangkat keras Universal Software Radio Peripheral (USRP) dan perangkat lunak GNU radio.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2011-11-17