IMPLEMETASI ENKAPSULASI PADA VHF DATA LINK (VDL) MODE 2 BERBASIS SOFTWARE GNURADIO

  • Cecep Sujana Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
  • Iyan Turyana Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
  • A A N Ananda Kusuma Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
Keywords: CNS/ATM, VDL, GNUradio, AVLC, HDLC.

Abstract

Salah satu program prioritas BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) di unit PTIK (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi) adalah penerapan CNS/ATM (Communications Navigation Surveillance / Air Traffic Management) di Indonesia. Program ini adalah untuk modernisasi pengaturan lalulintas udara. Pada aspek komunikasi telah tersedia standard VDL (VHF Data Link). Dengan metoda baru ini pertukaran informasi dari ATC (Air Trafic Management) ke pesawat yang semula menggunakan komunikasi suara diubah menjadi komunikasi data.

BPPT saat ini sedang mencoba membuat prototype peralatan komunikasi yang menggunakan standard VDL Mode 2 pada layer 2 (layer datalink) dan ATN (Aeronautical Telecommunication Network) pada layer 3. Perangkat keras yang diguanakan pada proyek ini adalah SDR (Software Defined Radio) merek USRP (Universal Software Radio Peripheral), sedangkan perangkat lunak yang digunakan ialah gnuradio yang merupakan software opensource berbasis linux.

Enkapsulasi yang dilakukan di layer datalink pada VDL Mode 2 dinamakan AVLC (Aviation VHF Link Control) yang berbasis pada standard HDLC (High level Data Link Control) ISO/IEC 13239. Implementasi enkapsulasi ini dilakukan dengan menggunakan bahasa python.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2011-11-17