Analisis Requirement Perangkat Lunak untuk Menjalankan Process Based Assessment (PBA) dalam Pembelajaran Pemrograman Dasar

  • Jonner Hutahaean Jurusan Teknik Komputer dan Informatika,Politeknik Negeri Bandung
  • Ani Rahmani Jurusan Teknik Komputer dan Informatika,Politeknik Negeri Bandung
  • Joe Lian Min Jurusan Teknik Komputer dan Informatika,Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Process based assessment, micro process, event streaming

Abstract

Tulisan ini menguraikan tentang penerapan prinsip Process Based Assessment (PBA) yang tepat dijalankan dalam pembelajaran pemrograman dasar, serta hasil analisis requirement perangkat lunak untuk mendukung PBA tersebut. Kedua aspek tersebut merupakan luaran dari  penelitian tahap pertama dari rencana 3 tahappenelitian, melalui skim penelitian Hibah Bersaing 2014.   Telaahmengenai metode pembelajaran pemrograman dasar telah banyak dilakukan. Pelbagai strategi pengajaran telah pula diuji coba dengan pelbagai pendekatan, namun pengajaran pemrograman dasar dipandang selalu menarik untuk diteliti. Para akademisi di pelbagai negara telah berhasil mengangkat isu pengajaran pemrograman dasar dari sudut pandang yang semakin beragam. Dalam kaitannya dengan proses evaluasi, dikenal adanya tes formatif  dantes sumatif. Kedua mekanisme evaluasi ini, tepatnya dikaitkan dengan waktu pelaksanaan evaluasi. Formatif ditujukkan untuk mengevaluasi siswa saat  proses pembelajaran berlangsung, sedangkan summative dilaksanakan saat proses pembelajaran berakhir.  Process based assessment (PBA) adalah suatu implementasi dari evaluasi formatif. Dalam PBA, proses evaluasi dan penilaianberlangsung pada proses belajar siswa, dan bukan melakukan evaluasi terhadap hasil akhir siswa. Berdasarkan analisis dan eksplorasi teknologi maka untuk menjalankan PBA diperlukan sistem perangkat lunak yang mampu menginformasikan proses mikro dari suatu aktivitas pemrograman, misalnya create file/program, Editing(insert, edit, copy-paste, cut, move, delete) file; mampu mengidentifikasi siswa yang sedang masuk ke sistem dan melakukan aktivitas pemrograman, mampu menyimpan informasi mengenai micro-process dari suatu aktivitas pemrograman, setiap siswa; mampu memberikan feedback berdasarkan problem yang teridentifikasi; serta mampu menampilkan secara real time (event-streaming) aktivitas memrogram siswa, dalam pengajaran formal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-11-12