Implementasi Web Semantik pada Aplikasi Pencarian Data Pengampu Mata Kuliahdi Politeknik Indramayu

  • Mohammad Yania Jurusan Teknik Informatika,Politeknik Indramayu, Indramayu
  • Eka Ismantohadi Jurusan Teknik Informatika,Politeknik Indramayu, Indramayu
Keywords: Ontologi, query, rdf, semantik, triple, web

Abstract

Aplikasi pencarian pengampu mata kuliah ini adalah aplikasi web berbasis semantik yang mengimplementasikan rancangan ontologi untuk mengumpulkan data dan informasi tentang data dosen Politeknik Indramayu.Ontologi adalah suatu istilah yang digunakan untuk menspesifikan suatu konseptualisasi. Penelitian ini dilakukan untuk menambah ilmu pengetahuan tentang web semantik sehingga mampu untuk diimplementasikan secara luas untuk keperluan lain.

Proses pengerjaan aplikasi ini dimulai dari perancangan ontologi menggunakan Protégé yang meliputi: pembuatan kelas-kelas; instan-instan (obyek) beserta properti obyek dan datanya, pembuatan antarmuka untuk menyimpan Triple (subyek; predikat; obyek) ke dalam TDB. TDB adalah komponen Jena yang digunakan untuk melakukan penyimpanan RDF (Resource Description Framework) dan query. Kemudian dilanjutkan dengan membuat halaman depan untuk menampilkan instan dari TDB yang ditampilkan dalam bentuk halaman web.

Hasil pencapaian dari aplikasi ini adalah keluaran berupa hasil pencarian data pengampu mata kuliah yang ditampilkan dalam bentuk halaman web dengan struktur informasi berbasis semantik, sehingga informasi dapat dipahami dengan mudah oleh mesin pencari.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-11-12