Sistem Kontrol Tungku Pembakaran Tempurung Kelapa Menjadi Arang Dengan Arduino Uno

  • Maureen Langi Jurusan Teknik Elektro,Politeknik Negeri Manado,Manado
  • Sukandar Sawidin Jurusan Teknik Elektro,Politeknik Negeri Manado,Manado
  • Jusuf L. Mappadang Jurusan Teknik Elektro,Politeknik Negeri Manado,Manado
Keywords: Tungku Pembakaran, Arduino Uno, Sensor Thermocouple, motor servo, LabView

Abstract

Di Sulawesi Utara, tempurung kelapa mudah  didapatkan  karena  di  daerah  ini  banyak  terdapat  perkebunan  kelapa. Untuk merubah bahan bakar tradisional menjadi bahan bakar konvensional dalam membuat tempurung kelapa menjadi arang umumnya menggunakan lubang pembakaran dan drum bekas sebagai tempat pembakaran.

Solusi lain untuk menyempurnakan peralatan pembakaran tempurung kelapa menjadi arang digunakan sistem kontrol tungku pembakaran yang dapat meningkatkan efisiensi dan mutu pembakaran.

Hasil pengujian pada sistem kontrol tungku pengarangan menunjukkan bahwa sistem bekerja sesuai dengan perancangan. Pengujian kontrol motor servo untuk mengatur besar kecilnya nyala api pada kompor gas diatur dengan motor servo untuk membuka/tutup regulator pada gas LPG. Pengujian pada kontrol tungku pengarangan sinyal sensor Thermocouple Type K mendeteksi temperatur pada Tungku Pengarangan saat pembakaran tempurung kelapa kemudian diproses oleh mikrokontroler kemudian akan ditampilkan pada LCD dan di Monitoring pada PC dengan program aplikasi LabView.

Proses pengujian dengan tempurung kelapa yang dibakar paada tungku pengarangan sebanyak 23 kg  menghasilkan arang sebanyak  8.75kg,  sedangkan temperatur ruang rata-rata selama proses pengujian adalah  30,46 0C dan temperatur maksimum tungku pengarangan 215 0C.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-26