Brand Image Kota Bandung

  • Raisa Khoiriana Mahasiswa Departemen Geografi, Universitas Indonesia
  • Triarko Nurlambang Dosen Departemen Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Indonesia
Keywords: Kota Bandung, brand image, city branding, komunikasi

Abstract

Kota Bandung sering disebut-sebut sebagai ‘Kota Kembang’ ‘Kota Taman’ ‘Kota Wisata Kuliner’ ‘Kota Fashion’ atau ‘Paris Van Java’ dan lain sebagainya adalah bagian dari brand image Kota Bandung. Terdapat keterkaitan atau persepsi masyarakat pada suatu merek kota yang dilandasi pada banyaknya pengalaman dalam mengkomunikasikannya. Oleh karena itu, diperlukan suatu perencanaan pembentukan citra untuk mewujudkan city branding yang optimal, guna mendukung citra sebuah kota menjadi lebih baik dan berdaya saing. Aspek pembentuknya adalah komunikasi secara langsung dan tidak langsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola spasial brand image Kota Bandung yang terbentuk berdasarkan klasifikasi area pusat, peralihan dan pinggir kota serta menganalisis faktor apa yang mempengaruhi brand image Kota Bandung. Metode penelitian ini adalah metode analisis spasial dan komparatif deskriptif berdasarkan klasifikasi area sampling yaitu area pusat, peralihan dan pinggir kota dengan pengambilan sampel dilakukan secara teknik accidental sampling. Pola spasial brand image Kota Bandung berdasarkan klasifikasi area di pusat kota terbentuk lima brand image yaitu Kota Bandung sebagai ‘Kota Belanja’ ‘Kota Taman’ ‘Kota Wisata’ ‘Kota Kuliner’ dan ‘Kota Fashion’. Berbeda dengan area peralihan dan pinggiran Kota Bandung, dimana brand image Kota Bandung yang terbentuk diarea peralihan kota yaitu Kota Bandung sebagai ‘Kota Wisata’ sedangkan diarea pinggir kota terbentuk dua brand image yaitu Kota Bandung sebagai ‘Kota Taman’ dan ‘Kota Wisata’. Faktor yang mempengaruhi brand image Kota Bandung adalah aspek komunikasi, yang keberadaanya bersifat tangible dan intensif diarea pusat kota. Sementara itu, diarea peralihan dan pinggir kota dipengaruhi oleh aspek komunikasi secara tidak langsung yang didasarkan pada banyaknya pengalaman masyarakat Kota Bandung dalam mengkomunikasikan brand image Kota Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-26