INSTRUMEN PENERBANGAN CADANGAN PADA SIMULATOR PESAWAT LATIH CESSNA 172S G1000

  • Luqman Al Labib Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Sabar Pramono Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Ediana Sutjiredjeki Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
Keywords: Standby Flight Instruments, Airspeed Indicator, Attitude Indicator, Altimeter.

Abstract

Instrumen penerbangan cadangan atau standby flight instruments merupakan instrumen analog yang selalu aktif dan bekerja secaramekanis dari sensor-sensor yang ada di pesawat. Instrumen penerbangan cadangan disediakan untuk mengantisipasi kerusakan ataukegagalan sistem yang bisa terjadi pada intrumen penerbangan digital atau glass cockpit. Instrumen penerbangan cadangan umumnyaterdiri atas tiga instrumen penerbangan utama, yakni indikator kecepatan udara, indikator sikap/kemiringan, dan indikator ketinggianpesawat. Pesawat Cessna 172S sebagai pesawat terbanyak yang digunakan sebagai pesawat latih mulai produksi tahun 2005 jugamenggunakan Glass Cockpit Garmin G1000 yang dilengkapi intrumen penerbangan cadangan tersebut. Dalam penelitian ini akandibuat prototipe intrumen penerbangan cadangan dari Cessna 172S G1000 yang terdiri dari indikator kecepatan udara (AirspeedIndicator) dan indikator sikap/kemiringan (Attitude Indicator). Mekanisme dinamis dari kedua instrumen yang berupa jarum dangerakan putar dapat dihasilkan dari putaran motor servo atau kombinasinya. Untuk mensimulasikan data-data aktual yang mendekatidata penerbangan sebenarnya dapat menggunakan simulator software seperti Microsoft Flight Simulator X atau Lockheed MartinPrepar3D.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-26