Kendaraan Otonom Berbasis Kendali Teaching And Playback Dengan Kemampuan Menghindari Halangan

  • Aldilla Rizki Nurfitriyani Jurusan Teknik Elektro,Politeknik Negeri Bandung,Bandung 40012
  • Noor Cholis Basjaruddin Jurusan Teknik Elektro,Politeknik Negeri Bandung,Bandung 40012
  • Supriyadi Supriyadi Jurusan Teknik Elektro,Politeknik Negeri Bandung,Bandung 40012
Keywords: Kendaraan otonom, teaching and playback, remote control, SD card, ultrasonik Ping

Abstract

Perancangan dan Pemutaran dengan kemampuan menghindari halangan merupakan suatu proses pembangunan yang dapat berjalan dengan cara mengajar dan dapat melakukan pemutaran dari data yang sudah diajarkan. Cara kerja dari sistem ini adalah remote control android akan memberikan perintah pada mobil sesuai dengan jalur yang diinginkan, perintah yang diberikan dari aplikasi android merupakan dasar dari kendali pengajaran. Mobil akan merekam data sesuai yang diajarkan dan disimpan dalam kartu SD. Setelah itu mobil akan melakukan pemutaran dengan cara memberikan perintah pemutaran pada aplikasi android yang dibuat dan mobil akan berjalan sesuai dengan yang telah diajarkan. Dalam pengaplikasiannya tidak menutup kemungkinan ada yang objeknya sama laju saat memutar pemutaran, Maka dibuatlah sistem kendaraan otonom yang mampu menghindari halangan dan dapat terus pejalanannya sampai ke tujuan. Penelitian ini merupakan pengembangan dari sebelumnya yang tidak menerapkan sistem penghindaran terhadap halangan. Penambahan kemampuan untuk menghindari halangan diharapkan dapat membantu kendaraan tetap sampai ke tujuan seperti yang telah dibangun dengan menggunakan sensor jarak ultrasonik Ping. Pengujian yang dilakukan pada kendali pengajaran dan pemutaran dengan perintah kemudi lurus memiliki presentase keberhasilan 80% dan pada kemudi belok kiri presentase keberhasilan 70%. Jarak halangan yang minimal yang akan dibaca oleh sensor adalah 70 cm dari posisi mobil. Penelitian ini merupakan pengembangan dari sebelumnya yang tidak menerapkan sistem penghindaran terhadap halangan. Penambahan kemampuan untuk menghindari halangan diharapkan dapat membantu kendaraan tetap sampai ke tujuan seperti yang telah dibangun dengan menggunakan sensor jarak ultrasonik Ping. Pengujian yang dilakukan pada kendali pengajaran dan pemutaran dengan perintah kemudi lurus memiliki presentase keberhasilan 80% dan pada kemudi belok kiri presentase keberhasilan 70%. Jarak halangan yang minimal yang akan dibaca oleh sensor adalah 70 cm dari posisi mobil. Penelitian ini merupakan pengembangan dari sebelumnya yang tidak menerapkan sistem penghindaran terhadap halangan. Penambahan kemampuan untuk menghindari halangan diharapkan dapat membantu kendaraan tetap sampai ke tujuan seperti yang telah dibangun dengan menggunakan sensor jarak ultrasonik Ping. Pengujian yang dilakukan pada kendali pengajaran dan pemutaran dengan perintah kemudi lurus memiliki presentase keberhasilan 80% dan pada kemudi belok kiri presentase keberhasilan 70%. Jarak halangan yang minimal yang akan dibaca oleh sensor adalah 70 cm dari posisi mobil. Penambahan kemampuan untuk menghindari halangan diharapkan dapat membantu kendaraan tetap sampai ke tujuan seperti yang telah dibangun dengan menggunakan sensor jarak ultrasonik Ping. Pengujian yang dilakukan pada kendali pengajaran dan pemutaran dengan perintah kemudi lurus memiliki presentase keberhasilan 80% dan pada kemudi belok kiri presentase keberhasilan 70%. Jarak halangan yang minimal yang akan dibaca oleh sensor adalah 70 cm dari posisi mobil. Penambahan kemampuan untuk menghindari halangan diharapkan dapat membantu kendaraan tetap sampai ke tujuan seperti yang telah dibangun dengan menggunakan sensor jarak ultrasonik Ping. Pengujian yang dilakukan pada kendali pengajaran dan pemutaran dengan perintah kemudi lurus memiliki presentase keberhasilan 80% dan pada kemudi belok kiri presentase keberhasilan 70%. Jarak halangan yang minimal yang akan dibaca oleh sensor adalah 70 cm dari posisi mobil.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-26