Pengaruh Knowledge Sharing terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Milik Pemerintah
Main Article Content
Abstract
Perusahaan harus mampu bertahan dan bersaing di tengah perubahan cepat yang terjadi di dunia bisnis. Ada banyak cara agar perusahaan dapat bertahan dan bersaing dengan pesaing, salah satunya adalah dengan mengembangkan kualitas kinerja sumber daya manusia. Ada satu faktor yang mempengaruhi kualitas kinerja karyawan di perusahaan, apakah positif atau negatif, faktornya adalah berbagi pengetahuan. Berbagi pengetahuan itu sendiri adalah berbagi pengetahuan, suatu langkah untuk memberikan kesempatan kepada anggota kelompok, organisasi, agensi, atau perusahaan untuk berbagi pengetahuan mereka dengan anggota lain. Berbagi pengetahuan yang diterapkan oleh karyawan suatu perusahaan akan berdampak pada kinerja karyawan lainnya yang baik di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara berbagi pengetahuan dan kinerja karyawan. Dalam penelitian ini, objek penelitian adalah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang produksi dan juga membeli dan menjual pesawat terbang.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Aulia, A. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Knowledge Sharing Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 4 (3), 1-15.
Azadehdel, M. R. & Jamshidinejad, M. A. (2015). The Relationship between Knowledge Sharing, Innovation, and Performance. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, 5 (5), 408 – 412.
Barnard, C. I. (1948). Organization and Management: Selected Papers. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). Semarang : Universitas Diponegoro.
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung : Aditama.
Mangkunegara, A. P. (2010). Evaluasi Kinerja SDM. Jakarta : Refika Aditama.
Noor, J. (2014). Metodologi Penelitian. Jakarta : Kencana.
Notoatmodjo, S. (2010). Metode Penelitian Kesehatan, Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.
Ruky. (2010). Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Simanjuntak, P. J. (2011). Manajemen Evaluasi Kinerja. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sinambela, L. P. (2012). Kinerja Pegawai: Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sugiama, A. G. (2008). Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Bandung : Guardaya Intimarta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sunyoto, A. (2010). Adobe Flash + XML = Rich Multimedia Application. Yogyakarta : Andi Offset.
Tobing, P. L. (2011). Manajemen Knowledge Sharing Berbasis Komunitas. Bandung : Graha Ilmu.
Wening, N. & Harsono, M. (2016). Relationship between knowledge sharing to individual Performance. International Journal of Research in Business Management, 4 (1), 67 – 78.
Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta : Rajawali Pers.