Studi Awal Pengambilan Kembali Aluminium Dari Limbah Kemasan Sebagai Alumina

Main Article Content

Dewi Widyabudiningsih
Endang Widiastuti

Abstract

Pada dewasa ini, selain besi, aluminium merupakan logam yang paling banyak digunakan di sektor industri dibandingkan dengan logam lain, salah satunya sebagai kemasan. Kemasan yang terbuat dari aluminium ini banyak digunakan untuk mengemas produk makanan dan minuman, yang jika sudah digunakan isinya, maka wadah kemasan ini akan menjadi sampah. Sampah ini termasuk sampah anorganik yang tidak akan terurai secara alami dan memerlukan pengolahan tertentu untuk menguraikannya. Proses pengambilan kembali aluminium dari limbah ini dilakukan dengan metode gravimetri yaitu melarutkan limbah tersebut dengan HCl 18%. Untuk memisahkan ion-ion yang tidak diinginkan, maka digunakan pereaksi tambahan seperti asam suksinat 5%, 2 gram urea dan 5 gram ammonium klorida. Untuk menghilangkan kandungan air dari endapan maka dilakukan proses pembakaran. Pembakaran ini juga berfungsi untuk menghasilkan endapan murni yang diperoleh dari proses pengambilan aluminium sebagai alumina dari limbah kemasan tersebut. Pada suhu ruang (27oC), HCl 18% merupakan pelarut yang baik untuk melarutkan sampel yang mengandung aluminium. Alumina terbanyak didapat dari sampel yang berbentuk pizza pans yaitu 8,8203 gram dari 5 gram sampel, dengan persentase aluminium sebesar 93,39%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Widyabudiningsih, D., & Widiastuti, E. (1). Studi Awal Pengambilan Kembali Aluminium Dari Limbah Kemasan Sebagai Alumina. Fluida, 11(1), 40-44. https://doi.org/10.35313/fluida.v11i1.558
Section
Articles

References

Jenniri R. Majalah Widya volume 21. No. 222. April 2004

Pujaatmaka, A.H. 1992. Analisis Kimia Kuantitatif (terj.). PT. Gelora Aksara Pratama Jakarta.

Penelitian PPTM & Tekmira dengan CV.Radel Khalisan Alamindo. Bandung.

Vogel, S I. 1979. Text Book of Macro and semimicro Qualitative Inorganic Analysia. Longman Group Limited London.

Hawley, Gessnerg. 1981 . The Condensed Chemical Dictionary., tenth edition. Volume 2. Van Nostrand ReinholdCompany.New York.

http:// www. kompas. com: kompas edisi;Senin,14 Maret 2005;BM Lukita Grahadyarini.

Svehla, G dkk. 1985. Analisis Anorganik Kualitatif (terj). PT. Kalman Media Pustaka. Jakarta.

h t t p s : / / W a w a s a n i l m u kimia,wordpress.com/2014/Aluminium
-oksida-fungsi dan aplikasi

https://id.wikipedia.org/wiki/Aluminium- oksida

Dewi Ikmah. Laporan Tentang Aluminium dan Senyawa-Senyawa