Investigasi Keandalan Struktur Beton Bertulang Dengan Alat Pundit Lab Pada Bangunan Gedung Penunjang Pendidikan

Main Article Content

Ery Radya Juarti
Yullianty Noorlaelasari

Abstract

Politeknik memiliki bangunan fisik yang fungsinya sangat strategis dalam melayani kepentingan pendidikan vokasi. Namun demikian usia bangunan yang cukup tua,pemanfaatan bangunan untuk bengkel dan laboratorium serta pemeliharaan yang ala kadarnya, mengakibatkan bangunan banyak mengalami kerusakan. Perlu dilakukan pemeriksaan dan pengujian terhadap material pembentuk struktur bangunan gedung untuk mengetahui ketahanan kontruksi bangunan gedung selama masa layan tertentu. Pada penelitian ini dilakukan pengujian tidak merusak dengan Metode Ultrasonic Pulse Velocity (UPV), dengan menggunakan alat “Proceq Pundit Lab”untuk mengetahui kualitas mutu material beton pada elemen kolom dan balok bangunan gedung. Lokasi pengambilan data di Politeknik Pos dilaksanakan pada 2 (dua) lokasi, yaitu pada bangunan Gedung Rektorat dan Gedung Pendidikan masing-masing terdiri dari 3 lantai. Pada bangunan gedung Politeknik Manufaktur dilaksanakan di 1 (satu) lokasi, yang terdiri dari Gedung Rektorat, Gedung Kuliah dan Gedung Administrasi. Sedangkan pada bangunan gedung Politeknik Negeri Bandung dilaksanakan pada 2 (dua) lokasi, yaitu pada bangunan Gedung Direktorat dan Gedung A. Kegiatan yang dilakukan meliputi : studi pustaka, pengujian lapangan, pengumpulan data dan pembuatan laporan. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa gradasi kualitas mutu beton pada bangunan-bangunan gedung penunjang pendidikan di 3 (tiga) Politeknik tersebut masih memenuhi standar sehingga dapat dikatakan bahwa keandalan struktur bangunan masih memenuhi untuk laik fungsi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Juarti, E. R., & Noorlaelasari, Y. (2017). Investigasi Keandalan Struktur Beton Bertulang Dengan Alat Pundit Lab Pada Bangunan Gedung Penunjang Pendidikan. Potensi: Jurnal Sipil Politeknik, 19(2). https://doi.org/10.35313/potensi.v19i2.902
Section
Articles