RANCANG BANGUN SISTEM PANEN PROPOLIS OTOMATIS UNTUK SARANG LEBAH MODULAR TRIGONA HIVE BERBASIS RASPBERRY PI DAN KOMUNIKASI SMS

  • Nur Wisma Nugraha Jurusan Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika, POLMAN Bandung
  • Hadi Supriyanto Jurusan Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika, POLMAN Bandung
  • Muhammad naufal Aziz Syahmenan Jurusan Teknik Mesin dan Manufaktur, Konsentrasi Teknik Elektromekanik, POLMAN Bandung
Keywords: MOTIVE, propolis, panen otomatis, I2C, antarmuka SMS.

Abstract

Penelitian di bidang budidaya lebah Trigona Spp ini mengembangkan sensor untuk membaca kondisi propolis pada ram kawat sarang, konstruksi mekanik untuk mengganti frame propolis, dan komunikasi antara sistem dan pengguna.
Bahasa program menggunakan Arduino dan python. Input berupa tegangan dari 6 buah sensor reflektif inframerah TCRT5000 yang mendeteksi perubahan refleksi cahaya inframerah yang dipantulkan oleh ram kawat pada frame. Aktuatornya motor servo DC 180° untuk mengganti frame propolis yang sudah penuh, komunikasi data antara perangkat master dan slave menggunakan komunikasi I2C. Antarmuka sistem dengan pengguna berbasis SMS dengan USB modem 3G.
Uji coba respon sensor menggunakan media plastisin memiliki persentase keberhasilan 85.7%. Pengamatan selama 12 hari di situs pertanian Cibeusi, desa Cileunyi Wetan menunjukkan pembacaan kondisi frame dapat dilakukan pagi dan setelah matahari terbenam. Daylight blocking filter yang terpasang pada sensor TCRT5000 tidak bekerja efektif, sehingga gangguan cahaya menyebabkan output sensor reflektif inframerah saturasi rata-rata dari pukul 11:00 hingga 14:00. Pengamatam tren produksi propolis menunjukkan sebuah pola bahwa lebah mengisi propolis dari pinggir menuju tengah, dengan durasi pengisian 10 - 16 jam. Sistem mampu mengendalikan 2 buah sarang menggunakan komunikasi data I2C. Konstruksi mekanik berhasil mengganti frame sarang MOTIVE. Antarmuka SMS merespon dalam durasi rata-rata 31.692 detik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30