Presepsi Konsumen Restoran di Jatinangor dengan Menggunakan Analisis Biplot

  • Iin Irianingsih Jurusan Matematika FMIPA,Universitas Padjadjaran
  • Sisilia Sylviani Jurusan Matematika FMIPA,Universitas Padjadjaran
  • Kankan Parmikanti Jurusan Matematika FMIPA,Universitas Padjadjaran
  • Wahyuni . Jurusan Matematika FMIPA,Universitas Padjadjaran
Keywords: Analisis Biplot, presepsi konsumen, restoran.

Abstract

Dalam era globalisasi ini persaingan bisnis menjadi sangat tajam, begitu pula dengan bisnis restoran. Untuk memenangkan persaingan, restoran  harus mampu mengetahui  apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumennya, oleh karena itu presepsi konsumen sangat perlu untuk diketahui. Analisis Biplot merupakan  salah satu analisis multivariat yang  menghasilkan gambaran yang merupakan pemetaan presepsi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui presepsi konsumen dari 4 restoran di Jatinangor dengan indikator kepuasan menggunakan konsep dineserv. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah restoran Ngopi Doeloe dan restoran D’Cubes mempunyai keunggulan yang hampir sama sedangkan yang lainnya mempunyai keunggulan masing-masing yang berbeda. Selain itu dari 17 variabel  yang diteliti terdapat 15 variabel yang valid  dan keragaman yang dapat diterangkan dengan Analisis Biplot adalah 83,97%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-26