Sistem Interlocking Persinyalan Berbasis PLC dengan Metode HSB (hot standby) Local Control Panel (LCP)

  • Panji Septyan Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Peni Handayani Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Edi Rakhman Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
Keywords: Interlocking, failsafe, PLC, Local Control Panel, HMI (Human Machine Interface), persinyalan

Abstract

Sistem interlocking atau penguncilan adalah sistem yang mengatur keamanan kereta api pada saat kereta api berangkat dari stasiun atau tiba di stasiun. Sistem ini terdiri dari prosesor (PLC), aktuator (motor wessel, lampu sinyal,dll ), akuisisi data dan Human Machine Interface (HMI). HMI yang ada pada sistem interlocking disebut Local Control Panel (LCP). LCP merupakan penghubung antara pengendali dengan peralatan persinyalan elektrik dalam melayani pembentukan rute kereta api dan rute langsir maupun memonitor indikasi sinyal-sinyal, trek-trek sirkit, pergerakan kereta api dan langsiran serta kedudukan wesel. LCP yang saat ini dipakai pada sistem interlocking tidak memiliki sistem monitoring untuk proses keamanan atau failsafe sehingga saat trek sirkit mengalami kesalahan atau error tidak diketahui oleh operator. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan logic PLC. Hasil pengujian sistem yang telah dilakukan menujukan bahwa LCP dapat memonitor pembentukan rute di lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-26