Peta Digital untuk Menunjukkan Posisi Kendaraan dan Kereta Api Menuju Perlintasan Secara Realtime

  • Muhammad Refa Utama Putra Jurusan Teknik Elektro,Politeknik Negeri Bandung,Bandung 40012
  • Didin Saefudin Jurusan Teknik Elektro,Politeknik Negeri Bandung,Bandung 40012
  • Sabar Pramono Jurusan Teknik Elektro,Politeknik Negeri Bandung,Bandung 40012
Keywords: Microsegmenting, Peta digital, Intelligent Driver Warning System

Abstract

Sebuah intelligent driver warning system yang sebelumnya telah dikembangkan dapat mendeteksi adanya perlintasan KA dan mengetahui posisi dan kecepatan KA dengan cara menambahkan perangkat di KA. Sistem tersebut menggunakan Raspberry Pi sebagai pusat pengolah data, GPS untuk menentukan lokasi, dan perhitungan jarak antar dua titik di bumi untuk menentukan jarak kendaraan ke perlintasan.

Pada penelitian ini, dikembangkan sebuah intelligent driver warning system yang dapat menampilkan posisi kendaraan dan KA pada peta. Sistem terdiri dari alat bagian kendaraan dan alat bagian KA. Kedua bagian menggunakan Raspberry Pi sebagai pusat komputasi, dengan Python sebagai bahasa pemrograman yang digunakan. Modem USB digunakan untuk mengirim data ke peladen agar kedua bagian dapat saling berkomunikasi. Digunakan metode microsegmenting untuk mengukur jarak kendaraan ke perlintasan.

Alat bagian kendaraan dapat menampilkan posisi kendaraan dan KA pada peta serta menampilkan nama perlintasan terdekat saat kendaraan hendak melewati perlintasan secara realtime. Durasi transfer data memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga agar peta selalu mendapatkan posisi KA yang terbaru. Penggunaan metode microsegmenting dinilai cukup efektif dalam menghitung jarak ke perlintasan. Frekuensi pembunyian alarm pada alat bagian kendaraan beragam sesuai dengan posisi dan kecepatan kendaraan dan KA.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-26