PEMERINGKATAN OBLIGASI INDUSTRI PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA BERDASARKAN RISK PROFILE DENGAN JAMINAN OBLIGASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI

  • Erin Wijayanti management department, faculty of economics, Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang, Indonesia
  • Indah Yuliana management department, faculty of economics, Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Risk Profile dalam menentukan peringkat obligasi industri perbankan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan memiliki peringkat obligasi di PT. Pefindo. Risk Profile yang diteliti yakni risiko kredit yang diproksikan dengan rasio Non Performing Loan (NPL) dan risiko likuiditas yang diproksikan dengan rasio Loan to Deposit Ratio (LDR). Sampel dipilih dengan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2018. Jumlah populasi adalah 44 bank dan dipilih 16 bank sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan Partial Least Square (PLS) untuk pengujian model pengukuran dan struktural. Hasil penelitian ini adalah: 1) Non Performing Loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) secara langsung berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap peringkat obligasi, 2) jaminan secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap peringkat obligasi, 3) jaminan memperkuat  hubungan risiko kredit dengan peringkat obligasi, 4) jaminan memperlemah  hubungan risiko likuiditas dengan peringkat obligasi. Pada variabel yang digunakan dalam penelitian menunjukkan bahwa variabel tersebut dapat menjelaskan peringkat obligasi sebesar 48.8% sedangkan sisanya sebesar 51.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Malik, Rizal. (2017). Pengaruh Rasio LDR, NPL, CAR, dan Jaminan Terhadap Peringkat Obligasi Pada Perbankan Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

Almilia, Luciana Spica dan Herdiningtyas, Winny (2005), “Analisis Rasio CAMEL terhadap Prediksi Kondisi Bermasalah Pada Lembaga Perbankan Periode 2000-2002”, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol.7, No.2.

Andry, Widya. (2005). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi. Buletin Ekonomi dan Moneter dan Perbankan September 2005.

Arif, Bramasta Wisnu. (2012). Pengaruh Manajemen Laba dan Rasio Keuangan Perusahaan Terhadap Peringkat Obligasi. Skripsi Universitas Diponegoro.

Arpadika, Rohyawati Sholihin. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Peringkat Obligasi Pada Industri Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas surabaya.

Bencivenga, V. R., & Smith, B. D. (1991). Financial intermediation and endogenous growth. The review of economic studies, 58(2), 195-209.

Brister, et. al. (1994). “The regulation effect of bond rating on yield”. Journal of Finance,pp.510-531

Darmawan, Komang, (2004). Analisis Rasio-Rasio Bank. Info Bank.

Dewi, Deasy Rahina Khrisna. (2012). Pengaruh Rasio-Rasio Laporan Keuangan Terhadap Peringkat Obligasi Studi Kasus Pada Perbanakan yang Mendapat Peringkat Obligasi dari PT. PEFINDO Tahun 2007-2010. IM Telkom: Bandung.

Fahmi, Irham. (2006). Analisis Investasi dalam Perspektif Ekonomi dan Politik. Bandung: PT. Refika Aditama.

Febriani, Irma, H.S. Nugraha dan Saryadi. (2013) ”Analisis Faktor yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi Pada Lembaga Keuangan Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”, Jurnal Ilmu Adminstrasi Bisnis, No.1, Vol.1.

Foster, George. (1986). Financial Statement Analysis. Prentice Hall International Inc.

Ghozali, Imam. (2008). Structural Equation Modelling, Edisi II, Universitas Diponegoro, Semarang.

Hadi, E.S., dan Fauziyah, A., (2017). “Pengaruh Keamanan, Kepercayaan dan Resiko Kinerja Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online: Studi Kasus Tokopedia.com di Kabupaten Lumajang”. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, Vol. 01, No. 1. Hal 1-13.

Hamolin, Theresia Vania dan Nila Firdaus Nuzula. (2018). “Analisis Tingkat Kesehatan Bank Berdasarkan Metode Risk Based Bank Rating (Studi Pada Bank Umum Konvensional di Indonesia Periode 2014-2016)”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 57, No. 1.

Hariyati, S. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014. Skripsi

Hasan, Dinda Aziiza dan Dana, I Made. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Maturity, Jaminan Terhadap Peringkat Obligasi Tertinggi pada Sektor Keuangan di Bursa Efek Indonesia, Jurnal manajemen Unud, Vol.7, No.2, 2018:643-373, Universitas Udayana, Bali.

http://www.idx.co.id/, diakses 20 oktober 2019.

http://www.pefindo.com/, diakses 15 oktober 2019.

Ikatan Bankir Indonesia,. (2015). Manajemen Risiko 1. Gramedia Pustaka Utama.

Jenkinson, N. (2008). Strengthening regimes for controlling liquidity risk. Euro Money Conference on Liquidity and Funding Risk Management (p.9). London: Bank of England.

Kasidi. (2010). Manajemen Risiko. Bogor: Ghalia Indonesia.

Keown. (2011). Manajemen Keuangan: Prinsip dan Penerapan edisi kesepuluh jilid 2. Jakarta: Indeks.

Lestari, Tri Puji dan Astiwi Indriani. (2016). Analisis Pengaruh Non-Performing Loan, Return On Asset, Loan To Deposit Ratio, Dan Bopo Terhadap Rating Bank (Studi pada Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia Periode Tahun 2012-2013). Diponegoro Journal Of Management Volume 5, Nomor 4.

Linandarini, Ermi. (2010). Kemampuan Rasio Keuangan dalam Memprediksi Peringkat Obligasi Perusahaan di Indonesia. Skripsi S-1. Universitas Diponegoro.

Almilia, Luciana Spica dan Devi, Vieka. (2007). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Working Paper.

Dendawijaya, Lukman (2003). Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Manurung, A. H., Tobing W.R.L. (2008). Obligasi Harga Portofolio dan Perdagangannya. Jakarta: ABFI Institute Perbanas.

Merkusiwati, Ni Ketut Lely Aryani. (2007). Evaluasi Pengaruh CAMEL terhadap Kinerja Perusahaan. Buletin Studi Ekonomi Volume 12 No. 1 Tahun 2007.

Nugraheni, H. (2010). Analisis Pengaruh Rasio CAMELS Pada Probabilitas Peringkat Obligasi (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2005-2008). Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Nurmayanti,Poppy dan Magreta. (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi Ditinjau dari Faktor Akuntansi dan Faktor Non Akuntansi. Jurnal Bisnis dan Akuntansi 11, pp: 143-154.

Peraturan Bank Indonesia No. 13/1/PBI/2011 tentang penilaian tingkat kesehatan bank umum.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 4 /POJK.03/2016 Pasal 2 ayat 3 tentang penilaian tingkat kesehatan bank umum.

Pertiwi, Ayyu. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pramana, Agita Putra dan Irni Yunita. (2015). Pengaruh Rasio-rasio Risk-Based Bank Rating (RBBR) Terhadap Peringkat Obligasi. Jurnal Manajemen Indonesia. Vol.15, No.1. 65- 84.

Prasetyo, Yogo Hadi (2016) Analisis Pengaruh Rasio-Rasio Risk Based Bank Rating Terhadap Peringkat Obligasi Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

Puryanti, Lina. (2010). Kemampuan Rasio Leverage, Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, dan Rasio Produktivitas Dalam Memprediksi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Non Financial yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Unisbank.

Raharja dan Sari, Maylia Pramono. (2008). Kemampuan Rasio Keuangan dalam Memprediksi Peringkat Obligasi (PT KASNIC Credit Rating). Jurnal Maksi, Vol.8 No.2.

Rahmawati, Rina. (2005). Manfaat Rasio Keuangan untuk Memprediksi Rating Obligasi, Thesis Universitas Indonesia

Rivai, Veithzal Dkk., (2013) Commercial Bank Management: Manajemen Perbankan Dari Teori Ke Praktik Edisi 1 Cetakan 1. Jakarta: Rajawali Pers.

Sakinah, Putri, Paminto, Ardi dan Kadafi, M. Amin. (2017), Analisis Faktor Keuangan dan Non Keuangan yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi (Studi Empiris pada Perusahaan Penerbit Obligasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014), Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Universitas Mulawarman.

Sari, N. M. S. K., & Badjra, I. B. (2016). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Jaminan Terhadap Peringkat Obligasi Pada Sektor Keuangan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(8), hal: 5041-5069

Setyapurnama & Norpratiwi. (2008). “Pengaruh Corporate Governance Terhadap Peringkat Obligasi dan Yield Obligasi. Jurnal Akuntansi dan Bisnis (JAB) Universitas Sebelas Maret, Indonesia. Vol 7, No 2.

Tandelilin, Eduardus. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Edisi pertama. Yogyakarta: Kanisius.

Taswan. (2010). Manajemen Perbankan. Edisi II. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta.

Theofilus Steven Susanto, Bertha Silva Sutejo, dan Deddy Marciano. (2012). “Pengaruh Kinerja Keuangan Bank Terhadap Rating Obligasi Bank di Indonesia”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Vol 5. No3. Pp 167-179.

Timothy, J. Gallagher dan Joseph D. Andrew,. (2007). “Financial Management: Principles and Practice”, Pearson Education, Inc., United States of America.

Werastuti, D. N. S. (2015). Analisis Prediksi Peringkat Obligasi Perusahaan Dengan Pendekatan Faktor Keuangan Dan Non Keuangan. Jurnal Dinamika Akuntansi Volume 7, Nomor 1.

Yuliana, Rika, Agus Budiatmanto, M. Agung Prabowo dan Taufik Arifin. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh.

Yuliana, Rika. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi pada Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Surakarta: FE UNS.

Published
2019-11-30
Section
Articles