PENGARUH KEPATUHAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP PERENCANAAN PAJAK (TAX PLANNING) PADA WAJIB PAJAK BADAN YANG TERDAFTAR DI KPP PRATAMA BANDUNG BOJONAGARA

  • rima sundari

Abstract

ABSTRACT

Today many companies are making various efforts to reduce their taxes, these efforts are called tax planning. Tax planning can lead to tax planning that is legal and illegal. Illegal tax planning will be avoided if taxpayers are in compliance with tax regulations and taxpayers are aware of applicable tax sanctions. Likewise, if we do not comply with these regulations, they will be subject to sanctions. Based on this phenomenon, the researcher is interested to find out more about the problem in more depth by involving the taxpayers as the perpetrators of the problem so that it can provide a clearer picture of how tax compliance, tax sanctions and tax planning that occur in taxpayers who registered at the Tax Office (KPP) Pratama Bandung Bojonagara. Based on the research that has been done, the result that can be concluded is that there is an influence between tax compliance and sanctions on tax planning both partially and simultaneously.

Keywords: Tax Compliance, Tax Sanctions, Tax Planning

ABSTRAK

Dewasa ini banyak perusahaan yang melakukan berbagai upaya untuk memperkecil pajaknya, upaya tersebut disebut dengan perencanaan pajak. Perencaan pajak dapat mengarah kepada perencanaan pajak yang bersifat legal dan ilegal. Perencanaan pajak yang bersifat  ilegal akan bisa dihindari apabila para wajib pajak memiliki kepatuhan atas peraturan perpajakan dan para wajib pajak paham akan sanksi perpajakan yang berlaku. Begitu pula apabila kita tidak patuh akan peraturan tersebut maka akan dikenakan sanksi. Berdasarkan fenomena tersebut, maka peneliti tertarik untuk mengetahui lebih jauh permasalahan tersebut secara lebih mendalam dengan melibatkan para wajib pajak sebagai pelaku dari permasalahan tersebut sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai bagaimana kepatuhan wajib pajak, sanksi perpajakan dan perencanaan pajak yang terjadi pada wajib pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandung Bojonagara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil yang dapat disimpulkan adalah terdapat pengaruh antara kepatuhan dan sanksi perpajakan terhadap perencanaan pajak baik secara parsial maupun simultan.

Kata kunci: Kepatuhan Perpajakan, Sanksi Perpajakan, Perencanaan Pajak

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31