Panduan Penulisan

Ekspansi merupakan Jurnal yang memuat karya ilmiah dalam bidang Ekonomi, Keuangan, Perbankan, dan Akuntansi, baik dengan pendekatan konvensional maupun yang berdasarkan syariah Islam. Ekspansi terbit dua kali dalam satu tahun. Naskah yang dimuat adalah hasil seleksi yang telah disetujui Redaktur dan belum pernah dimuat di penerbitan lain. 

Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan huruf Goudy Old Style 13pt dan disusun sistematik dengan urutan sebagai berikut :

a) Judul dengan huruf kapital (singkat dan jelas).

b) Nama penulis ditulis di bawah judul dan tanpa gelar.

c). Jika terdapat lebih dari satu nama penulis, maka tuliskan seluruh nama penulis pada  baris yang sama. Jika lebih dari dua baris, maka tuliskan nama penulis pada baris kedua.

d) Tuliskan nama instansi penulis pada baris berikutnya.

c) Abstrak ditulis dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris untuk naskah dalam bahasa Indonesia. Artikel yang ditulis dalam bahasa Inggris cukup enuliskan abtraknya dalam bahasa Inggris. Jumlah kata yang digunakan untuk menulis abstract tidak lebih dari 200 kata.

d) Kata kunci (keywords) terdiri dari 1 - 5 kata.

e) Isi tulisan tersusun atas Pendahuluan, Tinjauan Konsep dan Penyusunan Hipotesis, atau kajian konsep teori yang mendasari, Metode Penelitian, Hasil Analisis Data, Pembahasan dan Kesimpulan, serta Keterbatasan studi dan saran untuk penelitian selanjutnya.

f) Pendahuluan berisi latar belakang penelitian serta kesenjangan yang terjadi pada bidang riset yang diteliti, termasuk juga pentingnya penelitian tersebut dilakukan. Selain itu, pada bagian ini juga dapat disebutkan tujuan penelitian serta kebaruan yang terdapat ada penelitian tersebut.

g) Tinjauan konsep dan penyusunan hipotesis, berisi penjelasan tentang variabel penelitian yang digunakan serta hubungan antara variabel yang terjadi, dan bagaimana hipotesis untuk penelitian tersebut disusun.

h) Metode Peneltian berisi tentang pendekatan dan rancangan penelitian yang dilakukan, termasuk didalamnya model penelitian yang dilakukan, alat yang digunakan, dan hasil analisi statistik yang dihasilkan.

i) Pembahasan dan kesimpulan, berisi tentang pembahasan hasil analisa data yang telah dilakukan dan alasan yang kuat, berdasarkan logika dan penelitian sebelumnya, tentang hasil analisis yang didapat, serta kesimpulan yang disusun menurut pembahasan yang dilakukan. Pada bagian ini juga sebaiknya dimunculkan implikasi penelitian secara teori dan implikasi praktis pada industri (implikasi manajerial).

j) Keterbatasan studi dan saran untuk penelitian selanjutnya (jika ada) merupakan bagian yang tidak kalah pentingnya, terutama untuk pengembangan ilmu dan peneliti selanjutnya.