Pengaruh Margin dan Lokasi Terhadap Keputusan Melakukan Pembiayaan Murabahah

Main Article Content

Susi Sumanti
Nety Hermawati
Selvia Nuriasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh margin dan Lokasi Terhadap Keputusan Anggota Melakukan Pembiayaan Murabahah. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah anggota pembiayaan murabahah yang berjumlah 90 responden. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial margin dan lokasi tidak berpengaruh terhadap keputusan anggota melakukan pembiayaan murabahah. Margin dengan tingkat signifikasi -0,575 Sedangkan variabel lokasi -1,654. Secara simultan margin dan lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan anggota melakukan pembiayaan murabahah.  Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya nilai signifikansi Fhitung  < Ftabel  yaitu 1,590 < lebih 3,14. Besarnya pengaruh variabel margin dan lokasi terhadap keputusan anggota melakukan pembiayaan murabahah sebesar 0,49% Sedangkan sisanya 99,51% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sumanti, S., Hermawati, N., & Nuriasari, S. (2020). Pengaruh Margin dan Lokasi Terhadap Keputusan Melakukan Pembiayaan Murabahah. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 5(3), 1-23. Retrieved from https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/an/article/view/1690
Section
Regular Article

References

Bassam, A. Bin A. A. (2011). Syarah Hadits Pilihan Bukhori-Muslim. Diterjemahkan oleh Kathur Suhardi dari judul asli Taisirul-Allam Syarh Umdatul-Ahkam. Jakarta: Darul Falah.
Al-Arif, N. R. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Alviani, E. N. (2018). Pengaruh Tingkat Margin Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nas abah Pada Pembiayaan Murabahah Studi Kasus BPRS Metro Madani Metro. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri IAIN Metro
Anggadini, S. D. (2018). Penerapan Margin Pembiayaan Murabahah Pada BMT As-salam Pacet Cianjur. Jurnal Ilmiah Unikom. 9 (2).
Antonio, M. S. (2016). Bank Syariah Dari Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi. Ekonomi. dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Departemen Agama RI. (2005). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV. Diponegoro.
Dini, S. D. A. (2013). Penerapan Margin Pembiayaan Murabahah Pada BMT As-Salam Pacet-Cianjur. Majalah Ilmiah Unikom, 9 (2).
Kamal, A. H. & Wulandari, S. (2018). Pengaruh Lokasi. Pelayanan. dan Prosedur Pencairan Pembiayaan terhadap Keputusan Anggota Koperasi Mengambi PembiayaanStudi Kasus Koperasi Simpan Pinjam Syariah KUM3 Al. Jurnal Iqtisad, 5 (1) .
Karim, A. A. (2004). Bank Islam Analisis Fiqh Keuangan. Edisi Kelima Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Maisaroh, S. (2017). Pengaruh Tingkat Margin Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Anggota Pada Pembiayaan Murabahah Studi Kasus BMT Surya Barokah Kertapati Palembang. Skripsi. UIN Raden Fatah Palembang.
Maja, O. Y. & Sudibia, I K. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Wanita Sebagai Pengepul Squin Secara Putting Out. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan, 1 (1).
Muhamad. (2008). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam: Pendekatan Kuantitatif Dilengkapi dengan Contoh-contoh Aplikasi. Proposal Penelitian dan Laporannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Mustofa, I. Fiqih Muamalah Kontemporer. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Nitisusastro, M. (2013). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi. Tesis. Disertasi. dan Karya Ilmiah.. Jakarta: Kencana.
Prasetijo, R. (2005). Perilaku Konsumen.Yogyakarta: Andi.
Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Rahmawati, F. A. (2016). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penetapan Margin pada Pembiayaan Murabahah di BMT Se-Kabpaten Jepara. Jurnal EQUILIBRIUM, 3 (2).
Ridwan, M. (2004). Manajemen Baitul Maal Wa Tamwil. Yogyakarta: UII Pres.
Ridwansyah. (2016). Mengenal Istilah-istilah Dalam Perbankan Syari’ah. Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja.
Rivai, V. & Veiithzal, A. P. (2008). Islamic Financial Management. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sa’adah, V. A. (2015). Pengaruh Penetapan Harga Margin dan Tingkat Margin Terhadap Keputusan Pembiayaan Murabahah Pada Anggota BMT Agritama Blitar. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri IAIN Tulungagung.
Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.
-------. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
-------. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
-------. (2016). Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.