Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Terhadap Keterikatan Dalam Pekerjaan Diantara Karyawan Maskapai Penerbangan Indonesia

Main Article Content

Gian Rachmana Putra
Sri Raharso

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model karakteristik pekerjaan berdampak terhadap keterlibatan karyawan yang ada di maskapai penerbangan Indonesia. Model karakteristik pekerjaan memiliki limadimensi inti yaitu variasi keterampilan, signifikansi tugas, identitas tugas, otonomi, dan umpan balik. Keterlibatan karyawan memiliki tiga dimensi, yaitu semangat, dedikasi, dan penyerapan. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah hasil distribusi yang sekarang ke 172 karyawan maskapai penerbangan. Hasil analisis deskriptif dari masing-masing variabel dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model karakteristik pekerjaan dan keterlibatan karyawan tergolong baik. Hasil pengolahan data pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dampak positif dari karakteristik pekerjaan untuk keterlibatan karyawan, yang berarti bahwa setiap penambahan nilai dari model karakteristik pekerjaan maka akan mempengaruhi pada keterlibatan karyawan. Dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa keterlibatan karyawan 22% dipengaruhi oleh model karakteristik pekerjaan dan 78% dipengaruhi oleh hal-hal lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putra, G. R., & Raharso, S. (2019). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Terhadap Keterikatan Dalam Pekerjaan Diantara Karyawan Maskapai Penerbangan Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 5(2), 28 - 38. https://doi.org/10.35313/jrbi.v5i2.1701
Section
Regular Article

References

Anitha, J. (2013). Determinants of Employee Engagement and Their Impact on Employee Performance. International Journal of Productivity and Performance Management, 63 (3), 308-323.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Broeck, A.V.D., Vansteenkiste, M., Witte, H.D. & Lens, W. (2008). Explaining The Relationships Between Job Characteristics, Curnout, And Engagement: The Role Of Basic Psychological Need Satisfaction. Work & Stress: An International Journal Of Work, Health & Organisations, 22 (3), 277-294
Buckingham, M. & Coffman, C. (2005). First, Break All The Rules. Sydney: Great Britain by Pocket Books.
Bungin, B. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Chaurasia, S. & Shukla, A. (2013). The Influence Of Leader-Member Exchange Relations On Employee Engagement And Work Role Performance. International Journal Of Organization Theory And Behavior, 16 (4), 465-493.
Darmawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djastuti, I. (2011). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Terhadap Komitmen Organisasi Karyaw An Tingkat Managerial Perusahaan Jasa Konstruksi Di Jawa Tengah. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 13 (1), 1-19.
Gallup. (2010). Employee Engagement. What is your ration?. http://www.gallup.com/consulting/121535/employee-engagementoverview-brochure.aspx. Diakses tanggal 2 Maret 2018.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Guest, D. (2014). Employee engagement: a sceptical analysis. Journal of Organizational Effectiveness: People and Performance, 1 (2), 141-156.
Gyan, G. (1999). The Effects Of Employee Participation And Work Design On Firm Performance: A Managerial Perspective. Management Research News, 22 (1), 1-12.
Hackman, J.R. & Oldham, R.G. (1980). Development Of The Job Diagnostic Survey. Journal Applied Psychology, 60 (1), 159-70.
Harter, J.K., Schmidt, F.L., & Hayes, T.L. (2002). Business-Unit-Level Relationship Between Employee Engagement, Satisfaction, And Business-Unit-Level Outcomes A Meta Analysis. Journal of Applied Psychology, 87 (2), 268-279.
Hartono, J. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman. Yogyakarta: BPFE.
Husein, U. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi Dan Informasi. Bandung: Aditama
Karim, I. (2011). Hubungan Desain Kerja Dan Disiplin Dengan Produktivitas Pegawai Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal Dan Informal. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2 (2), 308-317.
Kahn, W.A. (1990). Psychological Condition Of Personal Engagement And Disengagement At Work. Academy of Management Journal Boston University, 33 (4), 692-724.
Kreitner, R. & Kinicki, A. (2007). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat
Kusuma, E.A. (2012). Peran Perancangan Pekerjaan (Job Design) Pada Employee Engagement. Jurnal akuntansi, manajemen bisnis dan sektor publik (JAMBSP), 9 (1), 74-97.
Luthans, F. (2008). Organizational Behavior. Singapore: McGraw-Hill.
Marciano, P.L. (2010). Carrots and Sticks Don’t Work Build a Culture of Employee Engagement with the Principles of RESPECT. Mexico: McGraw Hill.
Mondy, R.W. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Bayu Airlangga. Jakarta: Erlangga.
Moorhead, G. & Griffin, W.R. (2006). Organizational Behaviour – Managing People and Organization. India: ATTBS.
Noe, R.A., Hollenbeck, J.R., Gerhart, B., & Wright, P.M. (2011). Fundamentals Of Human Resource Management, Fourth Edition. New York: McGraw-Hill.
Noor, J. (2014). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.
Pasolong, H. (2012). Teori Administrasi Publik. Yogyakarta: Alfabeta.
Pebrianto, F. (2018). Jumlah Penumpang Pesawat Sepanjang 2017 Tumbuh 9,5 Persen. Dari https://bisnis.tempo.co/read/1062355/jumlah-penumpang-pesawat-sepanjang-2017-tumbuh-95-persen. Diakses 20 Maret 2018.
Porter, M. E. (2008). The Five Competitive Forces That Shape Strategy. Harvard Business Review, 86 (1), 1-18.
Priyatno, D. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Jakarta: Mediakom.
Ram, P. & Prabhakar, G.V. (2011). The role of employee engagement in work-related outcomes. Interdisciplinary Journal of Research in Business, 1 (3), 47-61.
Rhoades, L. & Eisenberger, R. (2002). Perceived Organizational Support: A Review Of Literature. Journal Of Applied Psychology, 87 (1), 698-714.
Riduwan. (2014). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Riduwan & Akdon. (2010). Rumus Dan Data Dalam Analisis Data Statistika. Bandung: Alfabeta.
Robbins, S.P & Coulter, M. (2007). Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Robbins, S.P. & Judge, T.A. (2007). Perilaku Organisasi. Terjemahan Dian Angelica. Jakarta: Salemba Empat.
Robert, L.M. & John H. J. (2008). Human Resouce Management. Twelfth Edition. USA: Thomson South-Western.
Robertson, I. T. & Cooper, C.L. (2010). Full engagement: the integration of employee engagement and psychological well-being. Leadership & Organization Development Journal, 31 (4), 324-336.
Saks, A.M. (2005). Antecedents and consequences of employee engagement. Journal of Managerial Psychology, 21 (7), 600-619.
Samsiyah, P.S. (2011). Statistika Bisnis untuk Program Diploma IV Manajemen Aset. Bandung: UP MKU Politeknik Negeri Bandung.
Sarder, S., Rehman, A., Yousaf, U., & Aijaz, A. (2011). Impact Of HR Practices On Employee Engagement In Banking Sector Of Pakistan. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, 2 (9), 378-389.
Schaufeli, W.B., Leiter, M.P. & Maslach, C. (2001). Job burnout. Annual Review of Psychology, 52 (1), 397-422.
Schaufeli, W.B. & Bakker A.B. (2003). Job demands, job resources, and their relationship with burnout and engagement: a multi-sample study. Journal of Organizational Behavior, 25 (1), 293–315.
Schiemann, W.A. (2011). Alignment, Capability, Engagement. Jakarta: PPM
Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Simons, R. (2000). Performance Measurement and Control Systems for Implementing Strategy: Text and Cases 1st Edition. New Jersey: Prentice-Hal.
Singh, A. (2015). Exploring The Moderating Role Of Context Satisfaction Between Job Characteristics And Turnover Intention. Journal Of Management Development, 34 (1), 1-16.
Slatten, T. & Mehmetoglu, M. (2011). Antecedents And Effects Of Engaged Frontline Employees: A Study From The Hospital Industry. Managing Service Quality, 21 (1), 88-107.
Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Penelitian Pendidikan. Cetakan Ke-20. Bandung: Alfabeta.
Sulea, C., Virga, D., Maricutoiu, L.P., Schaufeli, W., Dumitru, C.Z. & Sava, F.A. (2012). Work engagement as mediator between job characteristics and positive and negative extra-role behaviors. Career Development International, 17 (3), 188-207.
Sulipan. (2000). Manajemen karyawan. Yogyakarta: Tugu.
Sultan, S. (2012). Examining the Job Characteristics: A Matter of Employees’ Work Motivation and Job Satisfaction. Journal of Behavioural Sciences, 22 (2), 21-37.
Tamalero, Y., Swasto, B. & Hamid D. (2011). Pengaruh karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi dan intention to quit. Jurnal Profit, 6 (2), 23-31.
Taneja, S., Scott, S.S. & Randall Y.O. (2015). A Culture Of Employee Engagement: A Strategi Perspective For Global Managers. Journal Of Business Strategy, 36 (3), 46 – 56.
Welch, M. (2011). The Evolution Of The Employee Engagement Concept : Communication Implications. Corporate Communications: An International Journal, 16 (4), 328-346.
Wibisono, D. (2003). Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.