Pengaruh Self-Attribution Bias, Mental Accounting, dan Familiarity Bias terhadap Pengambilan Keputusan Investasi

Main Article Content

Novia Dwi Anggini
Cipto Wardoyo
Vega Wafaretta

Abstract

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan investasi, termasuk faktor psikologis yang bersifat bias yang dapat membuat investor menjadi irrasional. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa pengaruh bias, yaitu self-attribution bias, mental accounting, dan familiarity bias terhadap pengambilan keputusan investasi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti beberapa komunitas investasi di Kota Malang karena mahasiswa mewakili investor muda yang potensial untuk berkontribusi dalam berinvestasi di pasar modal. 288 kuesioner disebarkan secara online dan diuji regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah self-attribution bias, mental accounting, dan familiarity bias berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan investasi. Kepercayaan atas kemampuan diri, pertimbangan biaya dan manfaat, serta tingkat keakraban menjadi faktor utama yang mendorong pengambilan keputusan investasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anggini, N. D., Wardoyo, C., & Wafaretta, V. (2021). Pengaruh Self-Attribution Bias, Mental Accounting, dan Familiarity Bias terhadap Pengambilan Keputusan Investasi. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 6(3), 97-106. https://doi.org/10.35313/jrbi.v6i3.1898
Section
Regular Article

References

Cremers, M. & Pareek, A. (2011). Can Overconfidence and Biased Self-Attribution Explain the Momentum, Reversal, and Share Issuance Anomalies? Evidence from Short-Term Institusional Investors. SSRN Electronic Journal. DOI: 10.2139/ssrn.1571191.
Deaves, R., Lüders, E., & Schröder, M. (2010). The Dynamics of Overconfidence: Evidence from Stock Market Forecast. Discussion Paper No. 05-83, Center for European Economics Research. ftp://ftp.zew.de/pub/zew-docs/dp/dp0583.pdf.
Djojopranoto, R. R. & Mahadwartha, P. A. (2016). Pengujian Bias Perilaku: Gambler’s Fallacy, Halo Effect, dan Familiarity Effect di Pasar Modal Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 13(2), 142-159. http://dx.doi.org/10.21002/jaki.2016.08.
Hsu, Y. & Shiu, C. (2007). Investors’ Overconfidence in Primary Markets. 20th Australasian Finance & Banking Conference 2007 Paper. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=100934.
Huberman, G. (2001). Familiarity Breeds Investment. The Review of Financial studies, 14(3), 659-680. https://doi.org/10.1093/rfs/14.3.659.
Kontan.co.id. 2018. Investor Pasar Modal per Maret 2018 Meningkat 8,34%. https://investasi.kontan.co.id/news/investor-pasar-modal-per-maret-2018-meningkat-834.
Magdalena, B., Susanti, & Yanti, Y. (2018). Perilaku Investor Muslimah di Pasar Modal Syariah di Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, 4(1), 26-44. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:oxVpAotmOqQJ:https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/JurnalBisnis/article/download/1325/831+&cd=3&hl=en&ct=clnk&gl=id.
Mahina, J. N., Muturi, W., & Florence, M. (2018). Effect of Self-Attribution Bias in The Rwandan Stock Market. Global Journal of Management and Business Research. 18(2), 55-63. https://globaljournals.org/GJMBR_Volume18/6-Effect-of-Self-Attribution-Bias.pdf.
Nofsinger, J. R. (2001). The Impact of Public Information on Investors. Journal of Banking & Finance, 25(7), 1339-1366. https://doi.org/10.1016/S0378-4266(00)00133-3.
Nofsinger, J. R. (2005). Psychology of Investing (Second Edition). New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Nofsinger, R. J. & Hirschey, M. (2008). Investment: Analysis and Behavioral. New York: McGraw-Hill.
Pompian, M. (2006). Behavioral Finance and Wealth Management. New York: John Wiley & Sohn, Inc..
Pompian, M. (2012). Behavioral Finance and Wealth Management. How To Build Investment Strategies That Account For Investor Biases. New York: John Wiley & Sons.
Pradikasari, E. & Isbanah, Y. (2018). Pengaruh Financial Literacy, Illusion of Control Overconfidence, Risk Tolerance, dan Risk Perception terhadap Keputusan Investasi pada Mahasiswa di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(4), 424-434. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/24408/22333
Puspitasari, D. A. & Dewi, F. R. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Overconfidence, dan Risk Tolerance Terhadap Keputusan Investasi Produk Pasar Modal. Skripsi pada Fakultas Ekonomi Institut Pertanian Bogor di Bogor. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94565.
Ratnadewi, F. (2014). Behavioral Finance dalam Keputusan Investasi Saham (Studi Bias Perilaku Pada Investasi Mahasiswa Di Kota Bandung). Tesis pada Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung. http://repository.upi.edu/11495/.
Shams, M. F., Kordlouie, H., Dezfuli, H. K. (2012). The Effect of Mental Accounting on Sales Decisions of Stockholders in Tehran Stock Exchange. World Applied Sciences Journal. 20(6), 842-847. DOI: 10.5829/idosi.wasj.2012.20.06.2763.
Shefrin, (2002). Beyond Greed and Fear: Understanding Behavioral Finance and the Psychology of Investing. Oxford: Oxford University.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sumtoro, A. & Anatasia, N. (2015). Perilaku Keuangan dalam Pengambilan Keputusan Berinvestasi Properti Residensial di Surabaya. Finesta, 3(1): 41-45. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-keuangan/article/view/2960.
Thaler, R. (1985). Mental Accounting and Consumer Choice. Journal Marketing Science, 4(3), 199-214. https://doi.org/10.1287/mksc.4.3.199.
Utami, W. (2005). Pengaruh Manajemen Laba terhadap Biaya Modal Ekuitas (Studi Pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur). Simposium Nasional Akuntansi VIII, Solo.
De Vries, A., Erasmus, P. D., & Gerber, C. (2017). The Familiar Versus the Unfamiliar: Familiarity Bias Amongst Individual Investors. Acta Commercii, 17(1), 73-85. DOI:10.4102/ac.v17i1.366.
Virclis, A. (2013). Investment Decision Making and Risk. Procedia Economics and Finance, 6, 169-177. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(13)00129-9.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'