PENINGKATAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK TENAGA PENGAJAR PAUD DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN MELALUI KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL DI WILAYAH KOTA BOGOR

Main Article Content

Henny Suharyati
Universitas Pakuan
Yuyun Elizabeth Patras
Universitas Pakuan
Mulyati
Universitas Pakuan

Peningkatan daya saing di bidang pendidikan anak usia dini (PAUD) dikembangkan karena bidang ini menjadi salah satu pilar strategi nasional dalam nawacita
pemerintah. Tantangan pendidikan di era edukasional 4.0 sangat besar terutama dalam meningkatkan daya saing bangsa. Upaya dilakukan dengan peningkatan kompetensi pedagogik guru dan keterkaitannya dengan literasi digital yang dihadapi ketika guru akan mengikuti Ujian Kompetensi Guru, pengisian data peserta didik secara online, pengisian borang akreditasi, pembuatan media pembelajaran yang inovatif. Pembinaan sudah banyak dilakukan baik untuk pembinaan manajemen, kompetensi guru, parenting dan penelurusan bakat anak didik. Hal ini menjadi masalah baru yang perlu dipetakan dalam sistem yang akan dibangun berupa peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam upaya pemberdayaan kemampuan literasi digital. Kegiatan tahap awal akan diintegrasikan pada pelatihan-pelatihan dan pendampingan dalam mengerjakan kegiatan yang berkaitan dengan teknogi sehingga diperoleh luaran ketrampilan literasi
digital para tenaga pengajar PAUD. Hasil yang diperoleh adalah peningkatan kemampuan guru dalam mengakses program yang terkait dengan digitalisasi yang
kemudian dikembangkan dalam bentuk kreativitas guru mendesain bahan ajar berbasis multimedia. Manfaat yang diperoleh adalah peningkatan kompetensi digital guru yang juga akan meningkatkan kualitas mutu lulusan.


Kata kunci: Peningkatan daya saing PAUD, kompetensi pedagogik guru, literasi digital

Henny Suharyati, Universitas Pakuan

Jalan Pakuan Bogor

Yuyun Elizabeth Patras, Universitas Pakuan

Jalan Pakuan Bogor

Mulyati, Universitas Pakuan

Jalan Pakuan Bogor