MODERENISASI PENGOPTIMALAN PELAYANAN PUBLIK SEBAGAI PRASARANA MEMUDAHKAN AKSES KEPADA MASYARAKAT

Main Article Content

Akbar Sugih
Yuli Wahyuni
Universitas Pakuan

Pelayanan administrasi publik pada kantor desa Ciomas Rahayu dan kantor desa Ciomas terutama dalam pembuatan surat-menyurat sudah dalam bentuk publikasi Website. Website ini memudahkan masyarakat dalam pengurusan administrasi dikarenakan sifatnya yang hanya mendownload surat-surat tersebut di Website kantor desa Ciomas Rahayu dan kantor desa Ciomas. Aplikasi Website telah dibuat di kantor desa Ciomas Rahayu dan kantor desa Ciomas sehingga efesiensi waktu pelayanan Website telah tercapai. Aplikasi website ini dibuat oleh tim Universitas Pakuan sehingga pelayanan publik dapat dilakukan dengan mudah dan cepat namun ada beberapa kendala yang muncul pada pelayanan tersebut yang masih belum optimal contohnya dalam mempublikasikan Website masih belum adanya hosting jaringan kantor desa. Hal ini dikarenakan minimnya pendanaan yang didapat oleh pemerintah dan beberapa menu yang ada di aplikasi Website kantor desa masih belum ada fasilitas untuk kepegawaian. Performa pelayanan dapat ditingkatkan dengan menyewa hosting untuk webiste yang sudah ada dan dapat membantu pelayanan publik untuk masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengabidan ini mulai dari kunjungan ke kantor desa, pengumpulan data, pengembangan aplikasi dan hosting, pendampingan pelatihan, evaluasi dan keberlanjutan program. Tingkat akses website setelah hosting mencapai 3.000 pengunjung unik dalam waktu satu bulan dari pertengahan bulan maret 2019 sampai akhir bulan april 2019.