STUDI KOMPARASI KUALITAS DAYA ANTARA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) DENGAN PEMBANGKIT GENSET DENGAN DAYA SAMA 15 KVA

  • Hartono Budi Santoso Politeknik Negeri Bandung
  • Budiyanto Politeknik Negeri Bandung
Keywords: PLTS, hibrid, genset, sel surya, inverter, kualitas daya

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) memanfaatkan radiasi matahari sebagai sumber energi yang dikonversi menjadi energi listrik menggunakan perangkat sel surya (photovoltaic). Tegangan DC dari sel surya akan dirubah menjadi listrik tegangan AC menggunakan perangkat konverter DC - AC atau dikenal sebagai perangkat inverter.

PLTS juga dapat dioperasikan bersama sumber energi lain dalam mensuplai daya listrik, baik dengan energi angin atau menggunakan pembangkit konvensional, konfigurasi ini dikenal sebagai PLTS Hibrid. Generator set atau genset pada sistem PLTS hibrid digunakan sebagai sumber energi listrik pengganti ketika tidak ada tenaga listrik yang dihasilkan dari PLTS atau ketika listrik di dalam baterai minimum, generator diesel akan bekerja untuk menghasilkan listrik yang diperlukan. Genset juga digunakan untuk mensuplai beban - beban prioitas. Bagaimana kualitas daya keluaran, dari PLTS jika dibandingkan dengan daya keluaran dari genset sehingga kedua sistem ini dapat dioperasikan secara hibrid menjadi topik kajian yang dilakukan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-18