Pengaruh Pemberian KUR terhadap Pendapatan dan Pengembangan UMKM di Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya (Studi Kasus pada BRI Unit Sukaratu)

  • Raras Santiadin Politeknik Negeri Bandung
  • Rahma Nazila Muhammad Politeknik Negeri Bandung
  • Mia Rosmiati Politeknik Negeri Bandung
  • Sulistia Suwondo Politeknik Negeri Bandung
  • Jouzar Farouq Ishak Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Kredit Usaha Rakyat, Pendapatan Usaha, Pengembangan UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Kredit Usaha Rakyat terhadap pendapatan dan pengembangan UMKM di Kecamatan Sukaresik. Indikator pengukuran dilihat dari segi omset penjualan, laba usaha, aset, dan modal usaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif. Jenis penelitian ini dilakukan secara langsung di lapangan (field research) yang dilakukan di tempat usaha responden penelitian. Sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Objek dalam penelitian ini adalah pelaku usaha yang ada di Kecamatan Sukaresik. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan wawancara, sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran angket kepada 50 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Kredit Usaha Rakyat (KUR) perpengaruh secara signifikan terhadap variabel Pendapatan UMKM dan Pengembangan UMKM di Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya. Pada model pertama diperoleh nilai t-hitung sebesar -4,436 dan t-tabel sebesar 2,01063 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel dengan signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (5%), maka pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Sukaratu berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya. Pada model kedua diperoleh nilai t-hitung sebesar 7,482 dan t-tabel sebesar 2,01063 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel dengan signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (5%), maka pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Sukaratu berpengaruh signifikan terhadap pengembangan UMKM di Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menyoroti pentingnya pinjaman modal usaha untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.  

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-31
How to Cite
Santiadin, R., Muhammad, R. N., Rosmiati, M., Suwondo, S., & Ishak, J. F. (2023). Pengaruh Pemberian KUR terhadap Pendapatan dan Pengembangan UMKM di Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya (Studi Kasus pada BRI Unit Sukaratu). Indonesian Accounting Literacy Journal, 3(3), 276 - 284. https://doi.org/10.35313/ialj.v3i3.4989