Analisis Analisis Penerapan Activity Based Costing Sebagai Dasar Menentukan Harga Sewa Penginapan Homestay Di Desa Gunung Padang Cianjur, Jawa Barat.

  • Gunawan Danuarta Universitas Gunadarma
  • Budi Prijanto Universitas Gunadarma
Keywords: Activity Based Costing; Harga pokok Kamar; Homestay.

Abstract

Metode Activity Based Costing adalah sebuah  metode yang menerapkan konsep akuntansi biaya untuk menentukan harga lebih relevan dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan harga pokok kamar homestay dengan menggunakan metode sistem akuntansi tradisional dan Activity Based Costing pada Homestay di Desa Gunung Padang. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu analisis harga pokok kamar homestay tahun 2022, lalu menetapkan metode biaya berdasarkan activity based costing, kemudian membandingkan dengan harga pokok kamar sebelumnya yang sudah ditetapkan oleh pemilik homestay dengan sistem tradisional. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan dari harga pokok kamar dengan menggunakan metode activity based costing lebih kecil untuk tipe kamar umum menghasilkan Rp. 65.749, dengan selisih Rp. 2.925. dan untuk kamar eksklusif sebesar Rp. 162.875, dengan selisih Rp. 45.699. Apabila dibandingkan dengan harga pokok kamar yang sudah digunakan sebelumnya oleh pihak homestay hal ini dikarenakan pihak homestay hanya menggunakan komponen biaya-biaya yang dianggap penting sedangkan untuk metode Activity Based Costing dengan cara mengalokasikan biaya aktivitas setiap kamar secara tepat berdasarkan konsumsi masing-masing aktivitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-01
How to Cite
Danuarta, G., & Prijanto, B. (2023). Analisis Analisis Penerapan Activity Based Costing Sebagai Dasar Menentukan Harga Sewa Penginapan Homestay Di Desa Gunung Padang Cianjur, Jawa Barat. Indonesian Accounting Literacy Journal, 4(1), 1 - 12. https://doi.org/10.35313/ialj.v4i1.5570