MENEMUKAN KESALAHAN GRAMATIKA DALAM ESAI MAHASISWA BAHASA INGGRIS DAN SOLUSI MENGHINDARINYA

Main Article Content

Puspita Sari
Univeritas Widyatama Bandung, Indonesia
Yasinta Dwi Putri
Univeritas Widyatama Bandung, Indonesia

Menulis esai dalam Bahasa Inggris yang baik merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa di Prodi Bahasa Inggris. Maka dari itu, mata kuliah menulis (writing) telah diberikan kepada mahasiswa sejak awal semester.Namun, seringkali ditemukan kesalahan-kesalahan gramatika yang muncul pada esai karya mahasiswa, misalnya kesalahan-kesalahan berbentuk omission, addition, misformation, dan misordering seperti dalam teori Dulay et. al (1981). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kesalahan-kesalahan umum gramatika yang dilakukan mahasiswa Semester III Program Studi Bahasa Inggris dalam menulis esai Bahasa Inggris, serta memberikan solusi untuk menghindarinya sehingga menghasilkan esai yang berterima. Tahapan yang dilakukan adalah mengumpulkan data esai mahasiswa, menemukan bentuk kesalahannya, menganalisis, dan mencarikan solusi sehingga kesalahan-kesalahan tersebut dapat dihindari dan tidak terulang. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kategori misformation yang merupakan kesalahan bentuk paling mendominasi, diikuti oleh omission dan addition.  Adapun kesalahan yang memiliki prosentase terendah adalah misordering.

        

Kata kunci: esai, gramatika, omission, addition, misformation, dan misordering
Puspita Sari, Univeritas Widyatama Bandung, Indonesia Univeritas Widyatama Bandung, Indonesia
Yasinta Dwi Putri, Univeritas Widyatama Bandung, Indonesia Univeritas Widyatama Bandung, Indonesia