Pilihan Kata Sebagai Manifestasi Konsep Kesetaraan Gender Dalam Wacana Kampanye Un Women

  • Zewitra Zewitra Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan nilai yang terkandung dalam pilihan kata yang digunakan dalam wacana kampanye kesetaraan gender UN Women dan (2) menjelaskan representasi konsep kesetaraan gender yang dimanifestasikan melalui pilihan kata yang digunakan dalam wacana kampanye tersebut. Objek penelitian adalah wacana-wacana kampanye kesetaraan gender yang diperoleh dari situs resmi UN Women (www.unwomen.org). Ditemukan lima belas wacana yang memiliki muatan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Wacana-wacana ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan Analisis Wacana Kritis berdasarkan teori Fairclough sebagai dasar untuk menemukan nilai yang terkandung dalam pilihan kata yang digunakan. Selanjutnya, metode interpretasi diaplikasikan untuk melihat representasi konsep kesetaraan gender yang termanifestasi melalui pilihan-pilihan kata tersebut. Penelitian ini menghasilkan dua simpulan. Pertama, pilihan kata yang digunakan dalam wacana kampanye kesetaraan gender UN Women mengandung tiga nilai, yaitu nilai eksperiental, nilai ekspresif, dan nilai relasional. Kedua, berdasarkan interpretasi terhadap pilihan kata, diperoleh tiga representasi konsep kesetaraan gender. Representasi 1 yaitu kesetaraan gender dipandang sebagai sebuah kondisi ketika perempuan ditempatkan pada posisi yang setara dan diberi kesempatan yang sama dengan laki-laki. Representasi 2 yaitu kesetaraan gender dinilai dapat membawa perubahan bagi masa depan yang lebih baik. Representasi 3 yaitu kesetaraan gender merupakan tanggung jawab semua pihak.     

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Zewitra Zewitra, Politeknik Negeri Bandung
Jurusan Bahasa Inggris, Politeknik Negeri Bandung
Published
2019-09-23
How to Cite
Zewitra, Z. (2019). Pilihan Kata Sebagai Manifestasi Konsep Kesetaraan Gender Dalam Wacana Kampanye Un Women. Jurnal Bahasa Inggris Terapan, 4(2), 27-40. https://doi.org/10.35313/jbit.v4i2.1539