Analisis Kebutuhan Intrumen Penilaian Mata Kuliah Bahasa Inggris dengan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) di Politeknik Negeri Madura

Main Article Content

Helmy Sahirul Alim
Nurir Rohmah

Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan perubahan  jenis pembelajaran yang ada, maka perubahan jenis pembelajaran di Politeknik Negeri Madura termasuk perubahan pembelajaran mata kuliah Bahasa Inggris sangat dibutuhkan. Jenis pembelajaran yang akan diterapkan di Politeknik Negeri Madura adalah jenis pembelajaran “Project Based Learning” atau PBL. PBL adalah jenis pembelajaran yang menitik pusatkan kepada pembelajar dalam hal ini adalah mahasiswa. Jenis pembelajaran ini sangat menuntut mahasiswa dalam menyelesaikan masalah secara nyata yang direkayasa oleh dosen yang bertindak sebagai fasilitator. Asesmen adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat keputusan-keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu. Penelitian ini akan mengkaji secara detail tentang kebutuhan awal mengenai instrumen asesmen atau penilaian pada jenis pembelajaran PBL di mata kuliah Bahasa Inggris di Politeknik Negeri Madura. Berdasarkan data yang diambil dari hasil pengamatan lapangan atau observasi yang dilakukan, dengan memperhatikan rancangan pembelajaran PBL yang ada pada jurusan Teknik Listrik Industri dan pelaksanaan kelas PBL pada proyek Project Mobil Listrik, analisis kebutuhan instrumen penilaian pada kelas PBL menunjukkan bahwa jenis penilaian yang dibutuhkan pada kelas PBL adalah jenis penilaian autentik.


Keywords: Evaluasi, Project Based Learning, Instrumen Penilaian
Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hymes. (1991). oregonstate.edu. Retrieved from oregonstate.edu: http://oregonstate.edu/instruction/ed555/zone5/auth.htm
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ludigdo, U. (2022, Maret Sabtu). Kompas. Retrieved from edu.kompas.com: https://edukasi.kompas.com/read/2022/03/12/204427371/penerapan-project-based-learning-jadi-kekuatan-pendidikan-vokasi?page=all
McTaggart, K. &. (2014). The Action Research Planner. Singapore: Springer.
Sani. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulisworo, D. (2019). Konsep Pembelajaran Project Based Learning. Semarang: ALPRIN.
Suparno. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika. Universitas Sanata Dharma.
Widiyani, F. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Zahir Publishing.