Distribusi Nilai Kekerasan Pada Las Friction Stir Welding (FSW) pada Paduan Alumunium Dengan Aplikasi Transient Thermal (TT)

Main Article Content

Pujono Pujono

Abstract

Logam aluminium paduan merupakan salah satu logam paduan yang sangat penting dibidang teknik, diantaranya untuk bahan struktur pesawat terbang, otomotif, kapal dan industri lain. Logam aluminium mempunyai karakteristik yang menguntungkan, diantaranya adalah mempunyai sifat mampu bentuk yang baik (formability), tahan korosi, ringan, dan kekuatan mekaniknya dapat ditingkatkan dengan pengerjaan dingin atau panas. Paduan aluminium seri 2024-T3 merupakan paduan aluminium yang mempunyai sifat mampu las (weldability) rendah, salah satu upaya untuk memperbaiki hasil pengelasannya adalah dengan menggunakan metode las friction stir welding (FSW) dan bisa dikombinasikan dengan transient thermal (TT). Proses transient thermal (TT) merupakan proses pemberian panas lokal pada daerah sekitar las dengan menggunakan sumber panas bergerak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sifat mekanik las. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan las FSW tanpa TT (as welded) dan las FSW dengan TT dengan posisi pemanas berada ditengah tool. Selanjutnya dilakukan beberapa pengujian, yaitu pengujian struktur mikro dan pengujian kekerasan (microhardness) dengan metode microVickers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi nilai kekerasan bervariasi sesuai dengan daerah metalurgi las, yaitu weld, TMAZ, HAZ dan Base Metal (BM). Rata-rata nilai kekerasan pada daerah las (weld) untuk as welded adalah 85 VHN lebih rendah dibandingkan nilai kekerasan rata-rata daerah las dengan TT yaitu 88 VHN.

Kata kunci : Aluminium, FSW, transient thermal (TT)

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pujono, P. (2012). Distribusi Nilai Kekerasan Pada Las Friction Stir Welding (FSW) pada Paduan Alumunium Dengan Aplikasi Transient Thermal (TT). MeTrik Polban, 5(02), 13. https://doi.org/10.35313/metrik.v5i02.13
Section
Articles