Kinerja Rambu Lalu Lintas dan Dampaknya Pada Kecelakaan (Studi Kasus: Jalan Soekarno Hatta Bandung)
Main Article Content
Abstract
Jalan Soekarno Hatta merupakan jalan arteri primer yang sering terjadi kecelakaan. Lokasi kecelakaan paling tinggi di Jalan Soekarno berdasarkan penelitian sebelumnya (2018) terdapat pada 2 STA. Salah satu upaya untuk menekan jumlah kecelakaan berdasarkan faktor lingkungan dengan memasang rambu lalu lintas pada jalan yang rawan kecelakaaan. Sehingga dilakukan terhadap standardisasi identifikasi rambu yang terpasang berdasarkan PM No.13 Tahun 2014 dan pengujian tingkat retroreflektifitas rambu dengan menggunakan alat RetroSign berdasarkan ASTM D4956-04. Rambu yang terpasang di 2 STA tersebut berjumlah 14 buah rambu dengan persentase rambu yang memenuhi standardisasi rambu lalu lintas sebesar 28,57% dan persentase tingkat retroreflektifitas rambu sebesar 7,14%.
Downloads
Article Details
Semua makalah yang diterbitkan dalam Potensi: Jurnal Sipil Politeknik berada dalam lisensi CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution–ShareAlike License
Semua makalah yang diajukan haruslah asli. Karya yang dipublikasikan tidak dalam pertimbangan untuk dipublikasikan di prosiding atau jurnal ilmiah lainnya. Penulis bertangung jawab untuk mendapatkan semua izin yang diperlukan untuk menampilkan kembali tabel, gambar dan citra. Makalah tidak berisi fitnahan, dan tidak melanggar hak-hak lainnya dari pihak ketiga.
Para penulis setuju bahwa keputusan dewan redaksi terkait kesempatan pemaparan makalah adalah final. Para penulis dilarang melakukan bujukan pada tim teknis dalam usaha untuk menerbitkan makalahnya.
Sebelum penerimaan akhir makalah, penulis diminta untuk mengkonfirmasi secara tertulis bahwa penulis adalah pemegang semua hak cipta makalahnya dan menyerahkan hak penerbitan pada Jurnal Potensi: Jurnal Sipil Politeknik.