Pemanfaatan GGBFS Sebagai Bahan Tambah Aduk Mortar

Main Article Content

Nursyafril Wahid
Muhammad Taufan

Abstract

Ground Granulated Blast Furnace Slag (GGBFS) merupakan salah satu bahan bangunan yang diperoleh dari penggilingan kerak tanur tinggi . Bahan ini memiliki sifat pozolanik, sebagai salah satu bahan additif material pada campuran mortar. Penggunaan GGBFS sebagai bahan aduk mortar jarang sekali ditemui. Hal ini mengingat aduk mortar  hanya digunakan untuk bangunan non- struktural sehingga kurang mendapat perhatian yang lebih. Padahal  penggunaan aduk mortar sangat menentukan kualitas bangunan secara keseluruhan, baik menyangkut estetika maupun kenyamanan.


Pada penelitian dengan judul Pemanfaatan GGBFS sebagai Bahan Tambah Aduk Mortar.  bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan GGBFS terhadap aduk  mortar,baik dalam kondisi mortar segar maupun mortar keras. Sebagai bahan tambah, besarnya  penambahan GGBFS ke dalam aduk mortar, dengan 3 macam variasi, yaitu 0%, 2%, 4%, dan 6% terhadap berat semen. Komposisi aduk mortar yang digunakan pada penelitian ini adalah 1Pc : 3 Psr berdasarkan perbandingan berat.  Dari hasil pengujian terhadap sifat mortar, adanya penambahan GGBGS dapat meningkatkan plastisitas,  waktu pengikatan awal dan kekuatan mortar. Besarnya penambahan GGBFS yang paling optimal adalah sebanyak 6%, karena sifat mortar segar dapat meningkatkan plastisitas  sebesar 5% dan peningkatan waktu pengikatan sebesar 7,83 %. Juga meningkatkan kekuatan mortar setelah mengeras sebesar 6%.


Kata Kunci : GGBFS,  bahan tambah, mortar

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wahid, N., & Taufan, M. (2020). Pemanfaatan GGBFS Sebagai Bahan Tambah Aduk Mortar . Potensi : Jurnal Sipil Politeknik, 22(1), 44-54. https://doi.org/10.35313/potensi.v22i1.1788
Section
Articles