Analisis Tebal Lapis Tambah Perkerasan Lentur Mengunakan Metode Manual Desain Perkerasan 2017 Studi Kasus: Jalan Raya Serang-Cilegon

Main Article Content

Arbi Parianta Lukman
M. Oka Mahendra
Gina Claudia

Abstract

Sebagai jalur yang dinilai paling strategis dalam menunjang perekonomian nasional dan jumlah lalu lintas yang tinggi khususnya pada jaringan jalan pantura dapat menyebabkan menurunnya sisa umur pada perkerasan jalan. Kendaraan bermuatan berat mendominasi arus lalu lintas di sepanjang jalan tersebut. Dengan banyaknya kendaraan berat maka akan mempengaruhi kondisi struktural perkerasannya. Pemeriksaan secara rutin dan berkala harus dilakukan untuk mengontrol kondisi kelayakannya. Pemeriksaan struktural perlu dilakukan pada jalan dengan muatan beban kendaraan yang berat untuk mengetahui bagaimana kondisi dari struktur perkerasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung kebutuhan overlay perkerasan jaringan jalan  Pantura Ruas Jalan Serang-Cilegon berdasarkan metode non destructive menggunakan alat pengukur lendutan perkerasan yaitu Falling Weight Deflectometer (FWD). Output dari alat ini kemudian digunakan untuk menghitung kebutuhan tebal lapis tambah dengan menggunakan metode Manual Desain Perkerasan (MDP) tahun 2017 berdasarkan surat edaran No.04/SE/Db/2017. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: tebal overlay 50 mm meskipun memenuhi kriteria ketahanan terhadap deformasi permanen, akan tetapi tidak untuk memenuhi kriteria ketahanan terhadap retak fatique. Sehingga tidak bisa dijadikan rujukan. Ada 2 opsi yang dapat digunakan, tebal 70 mm jika menggunakan overlay tipis aspal beton campuran bergradasi rapat dengan pen 60/70 atau tebal 80 mm jika menggunakan overlay campuran aspal beton pen 60/70.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lukman, A. P., Mahendra, M. O., & Claudia, G. (2021). Analisis Tebal Lapis Tambah Perkerasan Lentur Mengunakan Metode Manual Desain Perkerasan 2017 Studi Kasus: Jalan Raya Serang-Cilegon. Potensi: Jurnal Sipil Politeknik, 23(2), 112-119. https://doi.org/10.35313/potensi.v23i2.3597
Section
Articles