STUDI PENGARUH PENINGGIAN BADAN JALAN PADA LOKASI GENANGAN AIR JALAN TOL PADALEUNYI RUAS PASTEUR-KOPO JALUR A KM 130+300 – KM 130+800

Main Article Content

Dian Aulia
Sindy Dwi Yuliani
Suherman Sulaiman

Abstract

Penanganan genangan air di Jalan Tol Padaleunyi ruas Pasteur – Kopo Jalur A Km 130+500 – Km 130+800 dilakukan dengan meninggikan elevasi jalan menggunakan lapisan Asphalt Treated Base (ATB). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan lapisan ATB terhadap kinerja struktur perkerasan pada lajur eksisting dan lajur pelebaran. Analisis untuk mengetahui umur rencana perkerasan didasarkan pada nilai Structural Number (SN) metoda AASHTO 1993. Variabel yang digunakan dalam menghitung SN pada perkerasan lajur eksisting dan lajur pelebaran berupa: ketebalan (D) dan koefisien kekuatan relatif bahan (a) dari masing-masing lapisan, yang telah dievaluasi sesuai dengan kondisi perkerasan di lapangan. Hasil analisis menunjukan bahwa peninggian elevasi jalan dengan lapisan ATB pada struktur perkerasan di lajur eksisting memberikan umur rencana 4,6 tahun lebih lama dari pada umur rencana awal 20 tahun. Sementara, pada perkerasan di lajur pelebaran memberikan umur rencana 10 tahun lebih lama dari pada umur rencana awal 20 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aulia, D., Yuliani, S. D., & Sulaiman, S. (2013). STUDI PENGARUH PENINGGIAN BADAN JALAN PADA LOKASI GENANGAN AIR JALAN TOL PADALEUNYI RUAS PASTEUR-KOPO JALUR A KM 130+300 – KM 130+800. Potensi: Jurnal Sipil Politeknik, 15(1), 50 - 58. https://doi.org/10.35313/potensi.v15i1.4758
Section
Articles
Author Biography

Dian Aulia, Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bandung

Department of Civil Engineering