PEMBUATAN JALAN DIATAS TANAH LUNAK TANPA MENGGUNAKAN GEOTEKSTIL PADA PROYEK JALAN CIMINCRANG GEDEBAGE BANDUNG

Main Article Content

Djuwadi

Abstract

Tujuan dari kegiatan Tugas Akhir ini adalah untuk meninjau kembali hasil perencanaan pembangunan jalan diatas tanah lunak di kawasan Gedebage dan membuat alternatif desain yang baru, kemudian kedua desain tersebut dibandingkan dari segi kestabilan dan biaya konstruksinya.
Pengolahan data dilakukan dengan metode perbandingan, yaitu membandingkan desain yang dilaksanakan di proyek dengan desain hasil perhitungan pada laporan tugas akhir ini. Sebelum dilakukan perbandingan terhadap kedua desain, pertama harus dicek terlebih dahulu daya dukung tanah dasar yang menahan konstruksi badan jalan diatasnya. Kemudian, faktor keamanan dari hasil analisis stabilitas lereng, besar penurunan total yang terjadi akibat beban konstruksi diatas tanah dasar, total biaya dari masing-masing desain, dibandingkan.
Setelah ditinjau kembali desain yang telah dilaksanakan di proyek diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan geotekstil pada desain tersebut sebenarnya tidak diperlukan untuk perkuatan lereng pada badan jalan, dan material geotekstil tidak berpengaruh terhadap penurunan tanah. Atas pertimbangan tersebut dalam laporan ini dibuat desain yang lebih ekonomis yang bisa digunakan untuk pembuatan jalan diatas tanah lunak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Djuwadi. (2010). PEMBUATAN JALAN DIATAS TANAH LUNAK TANPA MENGGUNAKAN GEOTEKSTIL PADA PROYEK JALAN CIMINCRANG GEDEBAGE BANDUNG. Potensi: Jurnal Sipil Politeknik, 12(1), 17 - 27. https://doi.org/10.35313/potensi.v12i1.4761
Section
Articles
Author Biography

Djuwadi, Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bandung

Department of Civil Engineering