Respon Pemberian Kompos Limbah Baglog Jamur dan Pupuk Kandang Domba Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.)

  • Enceng Sobari Jurusan Agroindustri, Politeknik Negeri Subang Jl. Arif Rahman Hakim no.8 (Islamic Center) Subang 41211
  • Muhammad Abdul Hadi Jurusan Agroteknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung 40012
  • Ferdi Fathurohman Jurusan Agroindustri, Politeknik Negeri Subang Jl. Arif Rahman Hakim no.8 (Islamic Center) Subang 41211
Keywords: Kacang Tanah, Kompos Baglog, Pupuk Domba, Pertumbuhan, Hasil

Abstract

Produksi kacang tanah masih belum mencukupi kebutuhan, sehingga perlu usaha untuk meningkatkan hasil kacang tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kompos limbah baglog jamur dan pupuk kandang domba terhadap pertumbuhan dan hasil kacang tanah. Penelitian ini dilaksanakan di kabupaten Subang dari April sampai dengan Juli 2018. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental berupa Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan dua faktor, faktor pertama adalah dosis kompos baglog (kontrol, 15 t ha-1, 20 t h-1), faktor kedua dosis pupuk kandang domba (kontrol, 15 t ha-1, 20 t h-1) sehingga terdapat 9 kombinasi perlakuan yang diulang tiga kali, uji lanjut menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh pemberian dosis kompos baglog 15 t ha-1 dan pupuk domba 20 t ha-1 mampu meningkatkan pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah daun dan indeks luas daun, jumlah bunga, dan jumlah polong potensial tanaman-1, namun terhadap parameter hasil polong berisi, bobot kering polong, bobot kacang tanah menunjukan tidak berpengaruh secara nyata.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-12