PENGENALAN GESTUR TANGAN BERBASIS AUGMENTED REALITY DAN METODE LOGIKA FUZZY UNTUK MENGENDALIKAN KENDARAAN

  • Muhammad Rafqi Azharfianto
  • Noor Cholis Basjaruddin
  • Edi Rakhman
Keywords: Gestur Tangan, Logika Fuzzy, Augmented Reality

Abstract

Suatu alat yang dapat membantu pengemudi dalam pembelajaran mengemudi kendaraan jarak jauh menggunakan
gerakan gestur tangan berbasis Augmented Reality (AR). Adanya pengendalian kendaraan jarak jauh
memungkinkan seseorang mengendarai kendaraan tanpa perlu memikirkan resiko berbahayanya suatu tempat
yang tak boleh dimasuki oleh manusia yang akan dirasakan oleh pengguna. AR berguna untuk memberikan
visualisasi pada pengemudi dengan memanfaatkan kamera yang terdapat pada mobil yang memperoleh visualisasi
pada mobil sehingga pengguna dapat merasakan sensasi mengemudi dengan menampilkan gabungan objek maya
(stir mobil) dan objek nyata (visualisasi mobil), walau pada tempat yang berbeda namun pada waktu yang sama.
Makalah ini menyajikan pengembangan pengenalan gestur tangan berbasis augmented reality dan metode logika
fuzzy untuk mengendalikan kendaraan. Mobile robot digunakan sebagai alat untuk menguji hasil kendali dari
pembacaan gerakkan gestur tangan pengguna yang dikirimkan datanya secara real time. Hasil pengujian berupa
2 kecepatan berbeda (cepat, dan lambat) dan 3 arah berbeda (belok kanan, lurus, dan belok kiri) menunjukkan
bahwa hasil kendali dapat bekerja sesuai dengan desain

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-12