Hubungan antara nilai hedonis, nilai utilitarian, kepuasan konsumen, dan minat beli ulang di kafe kopi spesialti Kota Bandung

  • Nineu Indah Kiani
Keywords: Hedonis, utilitarian, kepuasan konsumen, minat beli ulang, kafe kopi spesialti

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguji korelasi antara nilai-nilai hedonis dan utilitarian menggunakan mediasi
kepuasan konsumen dalam mempengaruhi minat beli ulang di kafe kopi spesialti. Pendekatan yang dikembangkan
pada studi ini berdasarkan pada literatur sebelumnya dengan mengumpulkan kusioner di kafe-kafe sekitar Kota
Bandung yang menyediakan kopi spesialti. Peniliti menggunakan analisis model PLS-SEM (partial least square
structural equation) untuk menguji hubungan antar variabel dengan tujuan untuk menjawab penelitian. Hasil
pengujian menunjukan bahwa nilai-nilai hedonis dan utilitarian secara signifikan mempengaruhi kepuasan
pelanggan, serta kepuasan pelanggan memiliki pengaruh terhadap minat beli ulang. Nilai hedonis memiliki
pengaruh lebih besar terhadap kepuasan pelanggan dan minat beli ulang daripada nilai utilitarian. Penelitian ini
juga mengungkapkan bahwa kepuasan pelanggan merupakan variabel yang memediasi hubungan bentuk antara
nilai hedonis dan nilai utilitarian dengan minat beli ulang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-12