Pengaruh Kepuasan Nasabah, Loyalitas, Terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia

  • Ayu Fusva Indah Manik
Keywords: Kepuasan Nasabah, Loyalitas, Kinerja Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana faktor pembentuk kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah
mempengaruhi kinerja keuangan bank syariah. Penelitian ini dapat membantu pihak bank syariah untuk
memperbaiki kualitas pelayanan yang diberikan kepada nasabah untuk dapat meningkatkan keuntungan yang
dicapai bank syariah. Nasabah yang merasa puas atas produk, jasa, dan pelayanan yang telah diterima akan
memiliki tingkat loyalitas yang tinggi kepada bank syariah. Loyalitas ini selanjutnya akan meningkatkan kinerja
keuangan bank syariah. Hal tersebut terjadi karena nasabah yang loyal akan tetap berada disisi bank syariah dan
mereka secara tidak langsung akan mempromosikan produk dan jasa bank syariah kepada orang-orang di
sekitarnya, sehingga dana yang dihimpun akan semakin meningkat dan investasi yang dilakukan oleh bank
syariah juga semakin meningkat melalui tingkat return yang diperoleh bank syariah. Metode analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis jalur (path analys).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-12