Adopsi Inovasi E-Learning di Perguruan Tinggi
Keywords:
Kata kunci, E-learning, difusi, inovasi, sikap, SEM
Abstract
Tujuan riset ini adalah untuk mengukur pengaruh dimensi Difusi Inovasi terhadap sikap mengadopsi e-learning.Kuesioner dikembangkan dari hasil wawancara dan studi pustaka. Kuesioner disebarkan kepada dosen
pengguna e-learning di perguruan tinggi di Bandung. Sebanyak 313 responden diperoleh dalam penyebaran
kuesioner. Metode kuantitatif digunakan untuk mengukur keterkaian antar variable. Structural equation
modeling (SEM) digunakan untuk mengukur pengaruh dimensi Difusi Inovasi terhadap sikap mengadopsi elearning.
Hasil confirmatory factor analisis (CFA) model pengukuran memperlihatkan bahwa dimensi Triability
tidak fit dengan model. Hasil model struktural menunjukkan bahwa dimensi Compatibility berpengaruh paling
besar terhadap sikap adopsi e-learning. Dimensi lain yang berpengaruh adalah Relative Advantage dan
Observability. Perguruan tinggi pengguna e-learning perlu fokus kepada dimensi yang memiliki pengaruh
terbesar terhadap sikap mengadopsi e-learning.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2018-10-12
Section
Articles