Sistem Monitoring Keseimbangan Beban 3 – Phasa Berbasis Arduino Uno

  • Fanny J Doringin Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado
  • Stephy B Walukow Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado
  • Marson J Budiman Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado
Keywords: Prototyping, sistem monitoring, Keseimbangan Beban, 3-Phasa

Abstract

Untuk mendapatkan hasil pendistribusian beban listrik yang optimal, maka keseimbangan beban antar phasa pada sistem instalasi 3-phasa haruslah menjadi salah satu syarat yang mutlak, karena jika tejadi ketidakseimbangan beban, maka akan berdampak pada rugi-rugi daya listrik. Salah satu hal yang dapat menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan beban, adalah dalam hal penginstalasian peralatan listrik pada masing-masing phasa yang tidak sesuai dengan rancangan instalasi yang ada.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu sistem yang dapat memonitoring dan menginformasikan keadaan beban yang terpasang pada sistem instalasi 3-phasa, sehingga dapat memudahkan dalam proses penambahan dan pembagian beban pada masing-masing phasa, sehingga dapat menghindari terjadinya ketidakseimbangan beban.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototyping, yang diawali dari tahapan perancangan, pembuatan dan pengujian sistem secara simulasi.
Dari hasil pengujian yang dilakukan, maka didapat hasil bahwa sistem yang dibuat dapat mendeteksi dan menginformasikan saat terjadi ketidakseimbangan beban, dimana saat beban terdeteksi pada phasa R melalui sensor arus sebesar 1 ampere, pada phasa S terdeteksi sebesar 2 ampere dan pada phasa T terdeteksi sebesar 3 ampere, maka sistem akan menginformasikan melalui bunyi buzzer sebagai indikator alarm, serta menampilkan informasi melalui tampilan lcd bahwa terjadi ketidakseimbangan beban, beserta nilai arus yang terdeteksi di setiap phasa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30