Rancangan Teknik Kuantifikasi Electrical Conductivity untuk Aplikasi pada Larutan Nutrisi Hidroponik Menggunakan Elektroda Berbahan Material SNI 04-3892.1-2001

  • Rida Hudaya Jurusan Teknik Elektro,Politeknik Negeri Bandung
  • Dodi Budiman Margana Jurusan Teknik Elektro,Politeknik Negeri Bandung
  • R Wahyu Tri Hartono Jurusan Teknik Elektro,Politeknik Negeri Bandung
  • Hepi Ludiyati Jurusan Teknik Elektro,Politeknik Negeri Bandung
  • Rahmawati Hasanah Jurusan Teknik Elektro,Politeknik Negeri Bandung
  • Feni Isdaryani Jurusan Teknik Elektro,Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Larutan nutrisi, electrical conductivity, konstanta sel, hidroponik

Abstract

Penelitian ini bertujuan mempelajari karakteristik elektroda berbahan material SNI 04-3892.1-2001 yang digunakan sebagai probe sensor electrical conductivity pada aplikasi larutan nutrisi hidroponik. Metode ini merupakan cara yang cepat dan murah dalam menentukan kekuatan ion suatu larutan dan sangat luas digunakan untuk tujuan kontrol kualitas suatu larutan.
Penggunaan teknik kuantifikasi pada nilai pembacaan tegangan elektroda digunakan untuk perbandingan dengan nilai acuan alat ukur electrical conductivity komersial. Jangkauan pengukuran electrical conductivity dirancang pada rentang 0,54 mS.cm-1 sampai dengan 3,30 mS.cm-1 pada temperatur kerja antara 16 oC sampai dengan 34 oC dengan titik tengah kerja temperatur 25 oC. Parameter lain dari hasil rancangan yaitu konstanta sel K elektroda berbahan material SNI 04-3892.1-2001 sebesar 2,56 cm-1, koefisien temperatur α larutan nutrisi 1,19%, resistor kerja Rbeban 2,4 Kohm dan galat ukur 21,19%. Rentang pengukuran electrical conductivity melingkupi kebutuhan nutrisi untuk berbagai jenis tanaman buah, sayuran daun, sayuran buah, sayuran umbi, bunga dan herbal.
Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di lingkungan kebun komunitas eFarming Corpora, ecoFarm Kampung Tani Gandok Lembang, Kabupaten Bandung Barat untuk tujuan kegiatan peningkatan produksi lahan pertanian masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30