SISTEM PENGHINDAR TABRAKAN DEPAN-BELAKANG KOOPERATIF BERBASIS LOGIKA FUZZY

  • Bulan Fatimah Rahmat Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung
  • Noor Cholis Basjaruddin Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung
  • Didin Saefudin Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: CRCAS, Vehicle to Vehicle Communication, radio frequency, Lane Keeping Assistance

Abstract

Sistem penghindar tabrakan depan-belakang kooperatif dirancang sehingga dapat mengirimkan data berupa perubahan kecepatan dan nilai output fuzzy menggunakan komunikasi dengan modul radio frequency, diharapkan kendaraan lebih kooperatif dengan menggunakan Vehicle to Vehicle Communication. Sistem CRCAS (Cooperative Rear-End Collision Avoidance System) atau sistem penghindar tabrakan depan-belakang kooperatif antar kendaraan melengkapi fitur pada driverless car. Sistem ini dapat menghindarkan terjadinya tabrakan depan-belakang (sundulan) pada mobil, ketika mobil sedang berjalan dan secara tiba – tiba terjadi pengurangan kecepatan pada mobil di depannya. Lane Keeping Assistance membantu pengemudi agar kendaraan tetap berada pada jalurnya. Sistem ini diaplikasikan pada mobil radio control yang bekerja dengan sensor PING sebagai sensor jarak, Arduino Mega sebagai mikrokontroler, dan motor servo sebagai pengatur arah mobil. Metode yang digunakan pada sistem ini adalah fuzzy logic. Hasil pengujian berupa kecepatan berbeda (cepat, lambat, sedang) pada tiga posisi jarak (dekat, sedang, dan jauh), output sistem berupa pengereman atau pengurangan kecepatan yang menunjukkan hasil kendali dapat bekerja sesuai dengan desain dengan rata- rata presetasi keberhasilan Lane Keeping Assistance sebesar 75% dan presentasi keberhasilan rata-rata dari sistem CRCAS yaitu 88,9%..

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30