Persepsi Konsumen Terhadap Electronic Word Of Mouth (E-WOM) yang Dikendalikan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian
Abstract
Saat ini, tren endorsement yang dilakukan oleh influencer menjadi semakin populer. Maka dari itu, informasi mengenai persepsi konsumen terhadap review influencer dan dampaknya terhadap keputusan pembelian menjadi tema yang menarik bagi penelitian ini. Endorsement yang dikemas secara natural akan memberikan kesan jujur sehingga dapat membangun persepsi konsumen yang lebih positif. Tujuan dari penelitian ini adalah menggali lebih dalam persepsi konsumen terhadap E-WOM endorsement dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan sumber data yang didapatkan dari hasil wawancara secara mendalam terhadap 10 informan pengguna media sosial yang aktif mengikuti influencer. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa review endorsement tidak akan langsung dapat dipercaya dan dijadikan sumber utama dalam melakukan keputusan pembelian melainkan hanya sebagai pilihan alternatif produk untuk melakukan pembelian di masa yang] akan datang.