Pengaruh Islamic Tourism dalam Meningkatkan Word of Mouth Wisata Halal Sumatera Barat

  • Wahyu Rafdinal Jurusan Administrasi Niaga,Politeknik Negeri Bandung
  • Fatya Alty Amalia Jurusan Administrasi Niaga,Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Islamic tourism, word of mouth, wisata Halal, Sumatera Barat

Abstract

Meski Sumatera Barat telah memperoleh pengakuan dunia sebagai destinasi wisata Halal favorit di tahun 2016, sektor ini masih belum mampu menunjukkan performa yang maksimal dari aspek finansial.Salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah dengan mengoptimalkan peran pemasaran dari wisata tersebut. Menyadari urgensi tersebut, penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi rekomendasi WOM wisata Halal di Sumatera Barat. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif menggunakan survey kuesioner yang disebarkan kepada responden wisatawan yang melakukan kunjungan wisata ke Sumatera Barat pada tahun 2017. Dari hasil analisa 100 respondendengan analisis jalur pada PLS-SEM, kami mendapatkan bahwa adanya status makanan Halal, aktivitas bebas perjudian, dan bebas dari minuman beralkohol secara signifikan dapat mempengaruhi rekomendasi WOM atas wisata Halal Sumatera Barat. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat dua saran dalam penelitian ini untuk meningkatkan WOM wisata Halal Sumaterat Barat. Pertama, untuk menciptakan kondisi wisata bebas praktik judi dan minuman beralkohol di Sumatera Barat, maka pemerintah dapat membuat kebijakan yang mengatur tegas peredaran minuman beralkohol dan aktivitas perjudian di area publik. Selain itu, pemerintah juga dapat secara persuasif melibatkan lembaga Islam dan masyarakat untuk proaktif menciptakan suasana tersebut. Kedua, ketersediaan makanan Halal dengan penambahan sertifikasi Halal resmi dari MUI perlu ditingkatkan baik di area wisata dan akomodasinya seperti tempat perbelanjaan dan tempat penginapan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30