Loyalitas Wisatawan terhadap Kota Bandung sebagai Destinasi Belanja: Studi Kasus Produk Pakaian

  • Ramanda Rizki Ekaputra Jurusan Administrasi Niaga,Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Belanja, kepuasan, citra destinasi, Loyalitas

Abstract

Kunjungan konsumen sangat penting bagi industri pariwisata karena menurut data menunjukan bahwa konsumen mulai berpindah pada media daring daripada harus mengunjungi destinasi belanja tertentu yang memerlukan lebih banyak usaha. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor apa yang dapat membuat konsumen lebih memilih destinasi belanja ketika membeli produk pakaian daripada melalui media daring. Maka, penelitian penting untuk mengungkap faktor-faktor apa yang sebenarnya dapat membuat konsumen merasa puas dan berkunjung lagi di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kepuasan belanja dan citra destinasi terhadap kepuasan pelanggan secara keseluruhan dan loyalitas konsumen terhadap tujuan wisata. Desain penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari konsumen yang telah mengunjungi tujuan wisata belanja di Bandung. Penelitian ini mengukur bagaimana pengaruh variabel kepuasan pelanggan dan citra tujuan mempengaruhi loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan paradigma diskonfirmasi untuk mengukur kepuasan pelanggan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa citra destinasi  dan empat atribut kepuasan belanja mempengaruhi total kepuasana konsumen yaitu nilai atraktif, kenyamanan, lingkungan, dan pelayanan. Sedangkan dua atribut lainnya yaitu akses dan nilai tidak berpengaruh secara signifikan. Selain itu, citra destinasi dan kepuasan konsumen secara keseluruhan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30